Tasyakuran Merti Dusun Madyogondo Ngablak Kabupaten Magelang

  • Whatsapp
Merti Dusun

MAGELANG, Beritategas.com – Tasyakuran Merti Dusun di Desa Madyogondo Kecamatan Ngablak Kabupaten Magelang tahun 2023, dalam acara ini diisi dengan acara pentas musik dangdut yang kali ini dilaksanakan pada Selasa, 29 Agustus 2023.

Acara tersebut dimulai dari jam 15.00 WIB. Dalam acara tersebut turut hadir Camat Ngablak Pujo Ihtiarta, S.IP,M.PA, Kaplosek Ngablak Iptu Suhartoyo, SH.Perwakilan Koramil Ngablak yang kali ini diwakilkan oleh Sertu Walid dan beberapa pengunjung.

Bacaan Lainnya

Berkat kerjasama yang baik antara panitia dan aparat keamanan baik itu dari Polsek Ngablak, Koramil Ngablak dan Linmas Desa Madyogondo dan eleman masyarakat lainnya, acara tersebut berlangsung dengan aman, tertib dan lancar. Acaran ini mengusung tema “Tasyakuran Merti Dusun Abot Seneng Songgo Bareng”.

Sawal,S.sos, kepala Desa Madyogondo saat dikonfirmasi, dirinya menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah kegiatan merti dusun yang dilaksanakan setahun sekali dan kebetulan kali ini yang mengelola acara tersebut dari pemuda dan pemudi yang disitu masuk dalam keorganisasian karang taruna.

Adapun Desa Madyogondo ini terdiri dari tujuh dusun dan dari setiap dusun yang ada di Desa Madyogondo ini kesemuanya mengadakan merti dusun.

Adapun tujuan yang utama merti dusun ini adalah untuk sarana berdoa bersama-sama kepada Tuhan yang maha esa supaya di Desa Madyogondo selalu diberi keselamatan, kesejahteraan, kesehatan, ayem tentrem dan makmur.

“Harapan dengan diadakannya kegiatan ini agar sifat kegotong royongan, tepo seliro dan silaturrahmi antar masyarakat lebih ditingkatkan,” ujarnya.

Camat Ngablak Pujo Ihtiarta, S.IP,M.PA. saat dikonfirmasi, dirinya menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah kegiatan rutin yang dilakukan setiap satu tahun sekali dan sebagian besar warga masyarakat Ngablak. Setiap dusun pasti mengadakan acara merti dusun atau saparan.

Lanjut dikatakan, adapun acara ini adalah sebagai sarana dalam memperingati hari jadi dusun dan acara ini masih menganut kepercayaan, nguri – nguri budoyo, yang berlangsung secara turun temurun yang dilaksanakan karena rasa bersyukur dengan hasil tani yang melimpah dan untuk setiap dusun di Kecamatan Ngablak ini hampir semua mengadakan merti dusun di bulan Sapar namun dihari dan waktu yang berbeda.

“Harapan dengan adanya merti dusun ini yaitu karena ini merupakan kearifan lokal, kita sebagai pemerintah Kecamatan Ngablak wajib melindungi mengayomi dan merangkul semua dari potensi yang ada untuk kemajuan Kecamatan Ngablak dan sebagai motivasi khususnya masyarakat untuk mencari uang dan pada umumnya di luar wilayah Kecamatan Ngablak dapat menimbulkan Kembali rasa kegotong royongan dan tali silaturrahmi,” ujarnya.

Iptu Suhartoyo,SH, dalam keteranganny bahwa sesuai dengan tupoksi kami harkamtibmas untuk setiap kegaiatan-kegiatan di masyarakat kita back up dan bersinergi dengan TNI.

“Kita selalu siap dalam rangka mengamankan kegiatan di masyarakat,” jelasnya.

Lanjutnya, tentu saja dari setiap ada kegiatan-kegiatan di masyarakat dan dari masyarakat ada pemberitahuan kepada kami.

“kemudian kita tindak lanjuti karena kita sebagai pelayan masyarakat, tentu saja kita dari Polsek Ngablak sudah memploting anggota-anggota dan juga sudah dikondisikan sesuai dengan rencana yang akan dilaksanakan,” imbuhnya.

Adapun tujuan dari pengamanan Polsek Ngablak dalam merti dusun ini tak lain untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat sehingga acara ini berjalan dengan lancar, tertib dan aman.

Dan kami menghimbau kepada masyarakat jangan sampai acara ini diwarnai dengan kericuhan. Dan marilah kita bersama-sama bersinergi untuk menjaga keamanan,” ujarnya.

“Harapan kami semoga kegiatan ini tetap dilestarikan, ditingkatkan bukan hanya pesta pora makan tapi juga sebagai ajang silaturrahmi, mengikat kembali nilai-nilai kekeluargaan,” pungkasnya.

Pewarta:Bambang Kuntono
Editor :Firman

Ikuti Kami di :
banner 300x250banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.