Lestarikan Budaya Jambi, DWP UNJA Gelar Lomba Pasang Tengkuluk Semarak Diesnatalis ke-61 UNJA

  • Whatsapp

JAMBI, Beritategas.com – Dalam Rangka memeriahkan Dies Natalis ke-61 Universitas Jambi (UNJA), Dharma Wanita Persatuan (DWP) menyelenggarakan lomba pasang tengkuluk bertempat di Lapangan Rektorat UNJA Mendalo, Kamis (16/05/2024).

Kegiatan dibuka Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Ny. Ocy Nikhita Helmi dan dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Hafrida, S.H., M.H., Wakil Ketua DWP 2, dan 3, Juri tengkuluk dan merupakan Praktisi Budaya Jambi di Museum Negeri Jambi Dra. Marleni, Koordinator Tengkuluk, Ibu Unit Fakultas, serta Ibu-Ibu pengurus DWP.
Ketua Dharma Wanita Persatuan Ny. Ocy Nikhita Helmi menyampaikan bahwa dalam perlombaan tengkuluk ini ada kriteria yang akan dinilai, bukan hanya model tengkuluk namun juga pakaian melayu yang dikenakan.

Bacaan Lainnya

“Ibu- Ibu yang mengikuti lomba pasang tengkuluk, dalam perlombaan ini ada teknisi dan kriterianya tersendiri yang akan dinilai oleh Juri yang lebih kompeten dibidangnya, penilaian itu sesuai petunjuk teknisi yang ditetapkan, Penilaian itu meliputi yang Pertama dinilai baju kurung melayu Jambi, kain batik Jambi, cara pemasangan kain, guntingan bajunya, aksesoris yang dipakai, serta cara berpenampilannya,” ujarnya.

Rita Kurniati Selaku ketua pelaksana Lomba pasang tengkuluk menyampaikan harapan kedepannya kepada para peserta lomba, semoga para peserta dapat berbagi ilmunya mengenai pemasangan tengkuluk yang benar.

“Harapan kami kepada para peserta yang ikut lomba pasang tengkuluk yakni dapat menularkan ilmunya, bagaimana cara memasang tengkuluk yang benar, serta bagaimana cara pemakaian baju dan kain yang benar serta tau membedakan mana yang benar-benar baju adat dari Provinsi Jambi,” ungkapnya.

Berikut ini Nama – Nama pemenang lomba pasang tengkuluk :
Juara 1 : Dewi dari Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK)
Juara 2: Susi dari Pascasarjana
Juara 3: Yelfitrina dari Fakultas Perternakan (FAPET)
Harapan 1: Yulia dari Fakultas Perternakan (FAPET)
Harapan 2: Resty dari Fakultas Sains dan Teknologi (FST)
Harapan 3: Fika dari Fakultas Pertanian (FAPERTA).

“Tengkuluk sendiri merupakan penutup kepala seperti selendang yang dlilitkan di kepala yang merupakan budaya khas perempuan Jambi, adapun tujuan utama diadakan lomba memasang tengkuluk ini adalah untuk mengenalkan cara memakai tengkuluk serta membuat kita semakin mencintai dan mempertahankan budaya melayu Jambi yang terkenal dengan berbagai macam budaya dan adat istiadat,” ujar Rita.

Kunjungi : www.unja.ac.id.

Pewarta : A.Erolflin
Editor : Firman

Ikuti Kami di :banner 300x250banner 300x250banner 300x250
banner 300x250banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.