Mencari Berkah Di Makam Pangeran Sukowati

  • Whatsapp
Makam Pangeran Sukowati
Makam Pangeran Sukowati

SRAGEN, Beritategas.com – Makam Pangeran Sukowati adalah salah satu destinasi wisata religi di Kabupaten Sragen. Raden Jambu nama lain Pangeran Sukowati ini adalah anak dari Ki Ageng Pemanahan dan putra dari Raja ke-1 Pangeran Pajang ini terletak di Desa Pengkol, Kecamatan Tanon, Kabupaten Sragen, Selasa (14/03/23).

“Raden Jambu atau yang kita kenal bersama sebagai Pangeran Sukowati adalah putra dari Ki Ageng Pemanahan serta anak dari Raja pertama Pangeran Pajang”, jelas Mujiyanto peziarah asal Desa Gawan.

Bacaan Lainnya

Makam Pangeran Sukowati yang sekelilingnya terdapat pohon-pohon besar berusia ratusan tahun. Diantaranya pohon bulu, pohon kepoh, pohon serut, pohon beringin dan pohon mahoni. Menjadikan Makam Pangeran Sukowati ini menjadi sejuk dan rindang.

“Makam yang terlihat sejuk dan rindang ini dikarenakan adanya pohon-pohon besar yang berusia ratusan tahun. Disini ada pohon bulu, pohon kepoh, pohon serut, pohon beringin dan pohon mahoni”, tambah Mujiyanto.

Makam Pangeran Sukowati ini direhab di tahun 2015 dikala itu Bupati Sragen dijabat oleh Agus Fatchur Rahman SH, MM. Rata-rata para pejabat Kabupaten Sragen pun berziarah ke Makam Pangeran Sukowati ini. Namun tidak hanya pejabat yang sudah menjabat saja, ada banyak juga calon-calon pejabat yang datang untuk berdoa agar terkabul keinginannya untuk menjadi pejabat. Disamping itu, di dalam kompleks Makam Pangeran Sukowati terdapat zoni, yang masyarakat sekitar meyakini bilamana mengambil air di dalam zoni tersebut dan meminumnya, dapat menyembuhkan penyakit.

“Pada era kepemimpinan Bupati Sragen Agus Fatchur Rahman SH, MM pada tahun 2015 lokasi Makam Pangeran Sukowati ini di rehab. Banyak pejabat Kabupaten Sragen yang datang untuk berziarah. Namun juga banyak yang datang dari calon-calon pejabat untuk memanjatkan doa agar terkabul keinginannya menjadi pejabat. Masyarakat pun juga meyakini, air yang berada di zoni, bisa menyembuhkan bermacam-macam penyakit”, pungkas Mujiyanto.

Pewarta : Widiyo Prakoso
Editor : Firman

Ikuti Kami di :
banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.