Pantun Melayu Ciptaan Mahasiswa Teknik Pertambangan UNJA, Berisi Nasihat dan Penuh Makna

  • Whatsapp

JAMBI, Beritategas.com – Selain menggeluti bidang Teknik Pertambangan, Alfadiansyah mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Jambi (UNJA), ternyata juga bisa membuat pantun, potensi dirinya di bidang sastra.

Bakat tersebut membawa dirinya memenangkan perlombaan pada Lomba Cipta Pantun se-provinsi Jambi, dalam Kegiatan Sutha Ramadhan Fair Tahun 1445 H/2024 M, yang diselenggarakan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, pada 18-23 Maret 2024 lalu di Kampus UIN II STS Jambi.

Alfadiansyah berhasil ciptakan 30 pantun bertema kearifan lokal, keberagaman, dan nasehat-nasehat keagamaan dengan judul ‘Bersemangat dalam Agama, Budaya dan Negara’ dalam 1 naskah yang dikirimkannya dan ia berhasil membawa pulang sertifikat penghargaan atas juara harapan 2 yang diraihnya.

Beberapa pantun karya Alfidiansyah dengan judul ”Bersemangat Dalam Agama, Budaya, dan Negara” di antaranya:
Keris siginjai senjata raja
Senjata sakti tiada karat
Agama sebagai pedoman utama
Guna selamat dunia dan akhirat
Dahulu Jambi dipimpin raja
gagah perkasa di segala medan
Hidup itu mudahlah saja
jalankan kewajiban, jauhi larangan
Batik jambi bermotif bunga
Sungguh indah berwarna merah
Hidup didunia dengan mulia
Mencari rezeki yang harus berkah
Alfadiansyah biasa dipanggil Alfa menjelaskan motivasi awal dan persiapan-persiapan yang ia lakukan sebelum mengikuti lomba cipta pantun tersebut.

“Motivasi awal mengikuti lomba cipta pantun ini tentunya untuk berproses mengembangkan potensi diri, untuk persiapannya saya banyak membaca dan menganalisis sistematika penulisan pantun dan kearifan lokal Jambi, lalu untuk harapan kedepannya semoga bisa meningkatkan pemahaman dan berkontribusi banyak untuk kemajuan kebudayaan Jambi.” ujar Alfa.

Ketua program studi Teknik Pertambangan Muhammad Ikrar Lagowa, S.T., M.Eng.Sc menyampaikan apresiasi kepada Alfa yang sudah membanggakan Prodi Teknik Pertambangan FST UNJA.

Ikuti Kami di :
banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.