Bincang Stranas PK RI Tentang Pencegahan Korupsi di lingkungan BUMD

  • Whatsapp
Bincang
Pelaksanaan bincang Stranas PK RI Tentang Pencegahan Korupsi

KLATEN, Beritategas.com – KPK RI dan Kemendagri gelar Seminar Bincang Nasional Pencegahan Korupsi (Stranas PK) tentang pencegahan korupsi di lingkungan BUMD.

Penguatan fungsi dan pengawasan seminar tersebut turut diikuti oleh seluruh kepala daerah se Indonesia secara virtual pada Kamis pagi (08/09). Bupati Klaten Sri Mulyani pun turut mengikuti.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Ketua KPK RI, Alexander Marwata menyampaikan tujuan dari pendirian BUMD adalah menggerakkan roda perekonomian daerah atau negara.

Wakil ketua KPK menyebut kepala daerah harus memerankan sendiri BUMD di wilayah masing- masing mana yang sehat dan kurang sehat.

“Pendirian BUMD bertujuan untuk menggerakkan roda perekonomian daerah atau negara. Harapannya aturan ini dapat diterapkan di BUMD. kami harap komisaris berasal dari kalangan profesional karena memiliki kapasitas dan skill dalam bidang itu. Kami (KPK) minta supaya nanti masing- masing kepala daerah bisa memetakan sendiri BUMD yang sehat dan mana yang kurang sehat, jika ada BUMD yang sudah tidak sehat dan tidak mampu melakukan apapun maka bubarkan saja,” tegas wakil ketua KPK.

Selanjutnya wakil ketua KPK berharap semoga kedepan BUMD di masing- masing daerah dapat mengembangkan potensi daerahnya masing masing sehingga dapat menguntungkan BUMD tersebut bila dikelola dengan baik dan terintegrasi.

“Untuk meningkatkan BUMD diperlukan sumber daya manusia yang berintegritas dan profesional yang tentunya memiliki kapasitas tata kelola di BUMD. Sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Momentum imi tepat untuk membina BUMD di lingkungan daerah baik di provinsi, kabupaten atau kota dalam meningkatkan kontribusi BUMD,” ujarnya.

Di perekonomian daerah. Kami harap BUMD yang akan di kembangkan kedepan itu lebih berbasis pada kekayaan/potensi daerah karena pasti dapat menguntungkan BUMD buka dikelola dengan benar dan terintegrasi

“Kami berkomitmen membantu dalam hal tata kelola BUMD dan akan bekerjasama dengan BPKP dan kemendagri,” tambahnya Wakil ketua KPK RI.

Pewarta : Armila
Editor : Firman

Ikuti Kami di :
banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.