Pesantren Menjadi Pusat Pendidikan Akhlak, Harapan Babinsa dalam Kegiatan Perkuat Karakter Pesantren

  • Whatsapp
Babinsa

SRAGEN, Beritategas.com – Pondok pesantren mempunyai peran yang besar dalam mencerdaskan anak bangsa melalui pendidikan agama, Sertu Joko M Babinsa Kelurahan Plumbungan Koramil 02/Karangmalang Kodim 0725/Sragen bersama Polsek Karangmalang melaksanakan giat Komsos dengan Farhan pengurus Pondok pesantren Walisongo di Sungkul RT 12/04 Kelurahan Plumbungan, Kecamatan Karangmalang, Kabupaten Sragen, Selasa (03/10/23).

Dijelaskan oleh Sertu Joko bahwa pendidikan pesantren sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Lembaga pendidikan dan dakwah ini sudah berkontribusi besar bagi kehidupannya berbangsa dan bernegara.

Bacaan Lainnya

“Seiring perkembangan, pesantren mulai bertransformasi dan memperluas peranannya ke ramah sosial. Tidak hanya itu saja, di era digital saat ini pesantren tidak hanya berkutat pada kurikulum berbasis keagamaan semata, melainkan juga sudah melengkapi diri dengan kurikulum umum”, jelasnya.

Sertu Joko menambahkan bahwa di era perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, pesantren dituntut mampu beradaptasi dengan segala perubahan yang ada. Para santri harus dibekali dengan berbagai kemampuan yang tentunya sesuai dengan perkembangan zaman tanpa harus membuang sistem pendidikan klasik yang menjadi ciri khas pesantren.

“Sistem pendidikan pesantren terbukti ampuh dalam sejarahnya sebagai sistem pendidikan yang mampu memerdekakan santrinya dari ketergantungan pada orang lain”, tambahnya.

Ciri khas pesantren adalah pengajaran tentang kemandirian kepada semua santrinya. Kemandirian juga merupakan penanaman awal dari pendidikan kewirausahaan di pondok pesantren.

“Kemandirian ini menjadi senjata dan modal penting bagi santri untuk membangun ekonomi umat yang masih tertinggal dari umat-umat lain. Ketertinggalan umat Islam dalam bidang ekonomi harus menjadi titik tolak bagi pondok pesantren untuk mendidik santrinya menjadi pengusaha”, pungkasnya.

Pewarta : Sapto Haryono
Editor : Widiyo Prakoso

Ikuti Kami di :
banner 300x250banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.