Ketua AWDI DPC Muba: Hadapi Tahun Politik Peran Serta Wartawan Memberi Edukasi Masyarakat Dalam Berdemokrasi

  • Whatsapp
AWDI
Darul Kutni

SEKAYU, Beritategas.com – Ketua Asosiasi Wartawan Demokrasi Indonesia (AWDI) DPC Musi Banyuasin (Muba) Sumatera selatan (Sumsel) Darul Kutni memasuki tahun politik menaruh harapan agar dijadikan momentum para wartawan, jurnalis, penulis yang ada di Muba untuk menjaga marwah dunia jurnalistik dalam semua tahapan-tahapan Pemilu dan Pemilukada 2024 yang akan datang.

Ia selaku Ketua sebuah organisasi profesi (AWDI -red) meminta seluruh wartawan terkhusus yang tergabung dalam AWDI DPC Muba agar bisa memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam menjalankan tugasnya di tahun politik 2024 yang akan datang.

Bacaan Lainnya

Menurutnya pemilu bukan momentum untuk memecah-belah bangsa. Tetapi pemilu adalah pesta rakyat yang harus diikuti dengan suasana penuh kegembiraan dan kebahagiaan.

“Maka, peran jurnalis harus terus mengedukasi masyarakat agar memiliki pemahaman berdemokrasi yang baik”. Ujar Darul, selasa (04/4/2023).

Darul juga menambahkan, jangan karena perbedaan pilihan kemudian menimbulkan konflik di tengah masyarakat. Perbedaan pilihan itu hal yang wajar dan biasa dalam sebuah kontestasi politik di negara demokrasi.

Peran media massa itu, masih dikatakan Darul, sangat untuk mengedukasi masyarakat dan Pers juga harus hadir untuk mendamaikan dan membuat suasana kondusif, bukan melakukan hal sebaliknya.

“Sebagai wartawan jangan menjadi provokasi, walaupun secara personal wartawan punya dukungan terhadap calon tertentu tetapi jangan sampai memprovokasi warga melalui pemberitaan atau tulisan yang dibuat,” pesan Darul.

Darul Kutni juga berharap, Pers harus terus berkontribusi dalam program pembangunan. Memberikan masukan kepada pemerintah dan masyarakat.

Lanjutnya, tidak hanya meliput dari dua sudut pandang yang berbeda atau berlawanan dengan menampilkan dua sisi dalam pemberitaan (Cover both side) tetapi harus mampu menampilkan semua sisi sebagai penutup (All cover side).

“Kemajuan teknologi informasi yang ada saat ini membuat insan pers juga harus bisa mengupgrade kapasitasnya, sehingga di dalam perubahan zaman apapun, pers tetap aktif menjalankan tugasnya,” ujarnya.

Selain hal-hal yang telah disampaikan Darul juga menghimbau kepada semua pihak yang terkait dalam politik itu harus menjaga Kesehatan.

“Kepada peserta pesta demokrasi baik para calon legislatif beserta timnya ataupun para kompetensi calon kepala daerah, calon wakil kepala daerah dan pendukungnya Jagalah kesehatan, terutama kesehatan fisik, kesehatan mental, terlebih kesehatan ekonomi,” ucap Darul Kutni sembari tersenyum mengakhiri keterangannya.

Ikuti Kami di :
banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.