Akibat Hujan Deras Seharian, Bahu Jalan Jalur SSB Dan Tebing Gunung Sentir Boyolali Longsor

  • Whatsapp
Longsor
Istimewa

BOYOLALI, Beritategas.com – Akibat dari hujan deras menyebabkan bencana longsor pada bahu jalan di utara jembatan grawah di daerah gunung sentir, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (04/03/23).

Menurut warga setempat, Sutar dalam keterangannya menyampaikan, peristiwa longsor di Utara Jembatan Grawah tepatnya di jalur Solo-Selo-Borobudur (SSB) terjadi pada hari Kamis (02/03/2023) sekitar pukul 09.00 WIB.

Bacaan Lainnya

“Akibat hujan deras terjadi longsor di bahu jembatan grawah, kerusakan pada Jembatan grawah meliputi bahu jalan, talud jembatan, pembatas jembatan dan saluran air bersih. Pada material talud jembatan terjadi longsor dengan kisaran kurang lebih sepanjang 20 meter, tinggi sekitar 25 meter dan lebarnya 4 meter,” jelasnya.

Kejadian longsor di daerah Gunung Sentir yaitu di jalur Cepogo-Jeruk. Kejadiannya pada hari Rabu (01/03/2023). Batu dan tanah material longsor telah menutupi sebagian bahu jalan.

“Daerah Gunung Sentir, material yang longsor dari tebing pinggir jalan sehingga menutupi sebagian bahu jalan dan hanya bisa dilalui kendaraan roda dua saja, beruntung tidak ada korban jiwa maupun korban luka dalam peristiwa tersebut”, tambahnya.

Upaya yang dilakukan, TRC BPBD terus meluncur ke lokasi untuk Assesment dan berkoordinasi dengan forkopimcam, Satlantas dan Bina Marga.

“Sementara pada area pembatas jembatan grawah di pasang water barrier dan police line. Lalu dipasang rambu-rambu dan jalur sementara dialihkan yang utama untuk Kendaraan roda empat,” ujarnya.

Untuk penanganan di Jembatan grawah, lanjut Sutar, sudah berkoordinasi dengan Satlantas, Bina Marga dan BPBD. Untuk segera ditindak lanjuti dan membutuhkan koordinasi lebih lanjut.

Sedangkan untuk penanganan longsor di Jalur Cepogo-Jeruk, Gunung sentir, dari pihak desa meminta bantuan alat berat untuk proses pembersihan dan pengerukan material tanah yang menutupi akses jalan tersebut.

“Karena kebutuhan mendesak yaitu perbaikan pada talud Jembatan grawah supaya tidak ada longsor susulan lagi, sebab sebagian talud penguat jembatan longsor. Sangat perlu membutuhkan alat berat untuk pembersihan material longsor di jalur Cepogo-Jeruk, Gunung Sentir,” pungkasnya.

Pewarta : Dwi Nurbitanto
Editor : Widiyo Prakoso

Ikuti Kami di :
banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.