Pemilihan Rektor Universitas Jambi Periode 2024-2028, ini Jadwalnya

  • Whatsapp
Unja
Ketua Panitia Pemilihan Rektor UNJA, Dr. Taufik Yahya SH.,MH

JAMBI, Beritategas.com – Ketua Panitia Pemilihan Rektor Universitas Jambi (UNJA), Dr. Taufik Yahya, SH.MH menjelaskan terkait jadwal pemilihan rektor Unja sesuai dengan peraturan senat Universitas Jambi nomor 1 tahun 2023 tentang tata cara pemilihan Rektor Universitas Jambi Periode tahun 2024-2028 beberapa tahapan telah dilaksanakan sesuai jadwal yang ada.

Hal ini di ungkap Taufik ketika ditemui Beritategas.com di Jambi pada Senin (23/10/2023). Insya Allah besok, Selasa, 24 Oktober 2023 akan memasuki tahapan Pelaksanaan Penyaringan Bakal Calon Rektor (Bacarek), yaitu point :

Bacaan Lainnya

a.Penyampaian visi misi dan program kerja bakal calon rektor dalam rapat senat terbuka.

b.Penilaian, pemilihan dan penetapan calon rektor dalam rapat Senat tertutup.

c.Penyusunan dan pengesahan berita acara penyaringan serta pengumuman 3 (tiga) nama calon rektor.

Kemudian tanggal 25 Oktober 2023, ketua Senat dan panitia pemilihan akan menyampaikan 3 (tiga) nama calon Rektor kepada Menteri pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Tahapan pemilihan calon Rektor dalam rapat senat tertutup bersama Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (atau yang mewakili) dijadwalkan tanggal 9 November 2023. Pada tanggal 9 November 2023 akan dilakukan pemungutan suara, pengumuman dan penetapan hasil pemilihan calon Rektor. Dilanjutkan Penyampaian hasil pemilihan Rektor kepada Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Selanjutnya, penetapan pelantikan Rektor Universitas Jambi oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, menurut Taufik di sesuaikan dengan jadwal Menteri.

Catatan Beritategas.com, Suara menteri sangat menetukan siapa yang menjadi rektor. Mendikbud-Ristek, Nadiem Makarim memiliki jatah hak suara 35 persen dalam pemilihan calon rektor UNJA.

Pemegang hak suara Senat UNJA sebanyak 86 hak pilih. Apabila seluruh anggota senat hadir maka Menteri memegang 30 hak suara (35 persen dari 86 = 30,1 dibulatkan 30).

Sebagaimana diketahui seleksi bakal calon rektor dan pemilihan calon rektor periode 2024-2028, proses seleksi dimulai dengan priode pendaftaran yang dibuka tanggal 4- 15 September 2023.

Kemudian proses pengundian nomor urut akal calon rektor UNJA periode 2024-2028, didapti hasil sebagai berikut :
Nomor urut 1 : Prof. Dr. H. Haryadi, S.E., M.M.S.
Nomor urut 2 : Prof. Dr. Ir. Hj. Nurhayati, M.Sc.agr.
Nomor urut 3 : Prof. Drs. H. Sutrisno, M.Sc., Ph.D.
Nomor urut 4 : Prof. Dr. Helmi, S.H., M.H.

Pewarta : A. Erolflin
Editor : Firman

Ikuti Kami di :
banner 300x250banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.