Yuk, Berwisata Ke Waduk Kedung Ombo

  • Whatsapp
Waduk Kedung Omdo
Destinasi wisata Waduk Kedung Omdo

BOYOLALI, Beritategas.com – Waduk Kedung Ombo (WKO)-Juwangi yang selesai akhir tahun lalu menjadikan jalan mulus beraspal. Akses menuju WKO yang berfungsi sebagai irigasi dan wahana wisata ini semakin mudah.

Selama dua jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi ditempuh menuju waduk yang merupakan sebuah bendungan raksasa di Jawa Tengah.

Bacaan Lainnya

Waduk ini memiliki luas 6.576 hektare dan berada di tiga wilayah, yakni Kabupaten Boyolali, Grobogan dan Sragen.

WKO yang ada berada di wilayah Boyolali terletak di Desa Wonoharjo; Kecamatan Kemusu ini sangat potensial di bidang pariwisata.

Bahkan pihak Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Telawa menyediakan wahana wisata hutan Kedung Cinta pada 2016 lalu.

Destinasi tersebut sejumlah objek wisata yang dapat dinikmati bersama rekan kerja atau keluarga usai melepas penat setelah beraktivitas.Terdapat juga fasilitas warung makan apung, jetsky, speedboat, bebek air, naik kuda, dan playground.

Kedung Cinta menjadi tempat indah dengan latar waduk luas membentang hijau sangat ramai di akhir pekan atau hari libur. Sejumlah pengunjung dari kalangan muda-mudi memanfaatkan momen spesial mereka dengan berfoto-foto ria.

“Rata-rata per hari 100 orang, sedang bari Minggu bisa mencapai 800 orang,” terang salah satu penjaga loket Wisata, Nuryadi. Sabtu (10/12/2022).

Dengan harga tiket masuk Rp 5 ribu pada hari Senin-Jumat atau Rp 7500 pada hari Sabtu/Minggu atau libur pengunjung bisa masuk di kawasan wisata yang diminati dengan adanya fasilitas warung apung dan wisata naik perahu.

Pengunjung bisa merasakan kuliner khas warung apung dengan menu ikan bakar maupun goreng. Di area parkir kendaraan, terdapat pedagang ikan khas WKO yang diasap dan bisa dijadikan oleh-oleh untuk dimasak di rumah.

Sementara untuk wisata perahu bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan WKO. Selagi sudah di Wisata, tidak afdol mengelilingi waduk dengan tarif Rp 10 ribu per orang. Jarak yang jauh akan terobati dengan suguhan kuliner dan pemandangan yang luar biasa ini.

Salah satu pemilik perahu, Maryono berharap Wisata semakin ramai dikunjungi karena menjadi mata pencahariannya. Warga Sragen ini berharap jalan masuk dari pintu masuk di gerbang loket diperbaiki.

Jarak lokasi tempuh ke Wisata yang jauh akan terobati dengan suguhan kuliner dan pemandangan yang luar biasa indah ini.

Pewarta : Dwi Nurbiyanto
Editor : Firman

Ikuti Kami di :
banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.