Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI Di OKU Timur Berlangsung Khitmad

  • Whatsapp
Oku Timur

MARTAPURA, Berita tegas.com – Puncak Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur ditandai dengan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih di Halaman Pemkab OKU Timur. Kamis (17/08/23).

Mengenakan pakaian PDU putih lengkap, Bupati OKU Timur Ir. H. Lanosin, M.T. bertindak sebagai inspektur upacara di Hari Kemerdekaan ini.

Bacaan Lainnya

OKU Timur 1

Adapun Peringatan Kemerdekaan RI ke -78 tahun 2023 mengusung tema “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”.

Pengibaran Bendera Merah Putih berlangsung khidmat, Pasukan Pengibar Duplikat Bendera Pusaka yang merupakan Putra-Putri terbaik OKU Timur berhasil melaksanakan tugasnya dengan baik.

OKu Timur 2

Bertindak selaku Danpas Letda CPL. Sugeng. dari Puslatpur, Danton 1 Pasukan 45 Ipda Roimensiyus Sihombing dari Polres OKU Timur, Danton Nurwahidussiam dari SMK Cendikia, Pembawa Baki Siti Aminati dari SMA Negeri 1 Belitang, Pengibar Bendera M. Farel Zaki Akbar, Penggerek Bendera Zacky Fahri Irawan dan Tengah Tiang Davino Mohack yang merupakan pelajar dari SMA Negeri 3 Martapura.

Diketahui, Ketua DPRD Kabupaten OKU Timur H. Beni Defitson, S.I.P., M.M. membacakan teks UUD 1945.

OKU Timur 3

Dalam kegiatan ini juga Bupati OKU Timur Ir. H. Lanosin, M.T. didampingi Wakilnya H.M. Adi Nugraha Purna Yudha, S.H. memberikan penghargaan Satyla Lencana Karya Satya, Piagam Penghargaan Sekolah Penggerak, Pemenang Lomba Inovasi Daerah, Pemenang Lomba Desa, Pemenang Tenaga Kesehatan Teladan dan lainnya.

Seusai melaksanakan upacara, Bupati dan Wakil Bupati bersama Forkopimda dan tamu undangan lainnya mengikuti kegiatan Ramah Tamah dengan Perintis Kemerdekaan, Cacat Veteran, Purnawirawan, Wredatama Warakauri dan Pepabri di Balai Rakyat Setda OKU Timur.

OKU Timur 4

Dalam sambutannya, Ketua PEPABRI Kabupaten OKU Timur Purn. Sumarto
Mengucapkan terimakasih kepada Bupati dan Wakil Bupati yang telah mengundang mereka untuk mengikuti rangkaian kegiatan Upacara Kemerdekaan RI.

Dimomen HUT Kemerdekaan RI ini, dirinya menyampaikan bahwa Pepabri hingga saat ini belum memiliki kantor, “Saya harap Pak Bupati memikirkan keberadaan kantor, karena selama ini jika mengadakan rapat kita dompleng di Koramil Martapura.” Imbuhnya.

Gayung bersambut, Bupati OKU Timur Ir. H. Lanosin, M.T. menginstruksikan kepada Sekretaris Daerah untuk menyatukan Kantor Pepabri di Ruko Kawasan Hutan Kota Martapura, karena menurutnya jika ada kegiatan senam bersama kita bersama menghirup udara yang sama.

“Saya yakin dengan menghirup udara ditempat yangsama, secara spirit akan menyatu pada diri yang akan meneruskan perjuangan kemerdakaan RI.” Tutur Bupati.

Bupati juga mengatakan bahwa Kemerdekaan RI ke-78 ini merupakan angka emas, karena menurutnya angka tersebut sesuai dengan tahun kelahirannya.

“Bagi saya, 78 Tahun Indonesia Merdeka ini adalah angka emas karena seusai dengan tahun lahir saya, dengan kesamaan ini semoga seluruh cita-cita dari bangsa ini meraih Indonesia Emas pada Tahun 2045 tercapai.” Harapnya.

Setelah Ramah Tamah, Bupati dan Wakil Bupati beserta tamu undangan lainnya menyaksikan prosesi detik-detik proklamasi Kemerdekaan langsung dari Istana Negara secara virtual.

Tampak Presiden Joko Widodo mengenakan baju adat Ageman Songkok Singkepan Ageng dari Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat dan Iriana Jokowi mengenakan baju adat dari Bali.

Sedangkan Ma’ruf amin dan Wury Ma’ruf Amin mengenakan baju adat dari Padang Provinsi Sumatra Barat.(Adv)

Pewarta : Liswan
Editor : Firman

Ikuti Kami di :
banner 300x250banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.