Tips Supaya Puasa Bisa Kuat Seharian Penuh tanpa Halangan

  • Whatsapp

Oleh: Prima Trisna Aji
Dosen Spesialis Medikal Bedah S3 PhD Lincoln College University Malaysia

Mendekati bulan Ramadhan pastinya Anda sudah bersiap-siap untuk mulai berpuasa, selain itu saat berpuasa tubuh Anda akan sedikit lemas karena tidak bisa mengonsumsi makanan yang cukup.

Inilah pentingnya puasa yang sehat. Hal ini untuk menjaga kesehatan fisik kita selama beribadah. Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh Kekurangan cairan tubuh dapat menyebabkan lemas, sulit berkonsentrasi, menyebabkan bibir pecah-pecah, dan menyebabkan sakit kepala.

Selain itu, tubuh Anda membutuhkan air putih sebanyak 2 liter per hari atau setara dengan 8 gelas. Oleh karena itu, sebaiknya tetapkan aturan minum dengan pola 2-2-4 selama berpuasa.

Artinya 2 minuman saat sahur, 2 minuman saat berbuka, dan 4 minuman saat makan malam. Selain itu, hindari minuman manis karena Anda akan cepat merasa haus saat berpuasa.

Untuk membantu Anda mengukur jumlah air yang masuk ke dalam tubuh setelah berbuka puasa, Anda dapat menggunakan botol minum 250 ml berikut ini: Menjaga asupan makanan Selama berpuasa, jagalah asupan makanan baik saat sahur maupun di akhir puasa.

Saat berpuasa, hindari makan terlalu banyak untuk mengisi kembali energi kita. Makan dalam jumlah banyak justru bisa membuat Anda mengantuk dan menyebabkan perut kembung.

Oleh karena itu, pastikan untuk makan dalam jumlah yang biasa Anda makan agar perut Anda tidak shock, terutama saat sahur. Selain itu, pastikan juga menu sahur dan buka puasa Anda mengandung bahan-bahan yang sehat dan bergizi seperti buah-buahan dan sayur-sayuran.

Silakan beraktivitas seperti biasa. Jangan jadikan rasa lapar sebagai alasan untuk tidak melakukan aktivitas. Selama berpuasa, sebaiknya Anda tetap beraktivitas seperti biasa untuk meningkatkan produktivitas dan menjaga kesehatan tubuh.

Lakukan olah raga ringan. Untuk menjaga kesehatan jasmani selama masa Prapaskah, hendaknya juga olah raga. Tidak perlu olahraga berat, olahraga ringan seperti jalan kaki, jogging 10 menit, yoga, atau mengerjakan pekerjaan rumah sudah cukup.

Selain itu, pastikan untuk melakukan peregangan sebelum berolahraga untuk mencegah tubuh menjadi kaku dan otot kejang. Hindari makanan dan minuman manis. Hindari makanan dan minuman manis karena menimbulkan rasa haus.

Meski benar makan yang manis-manis meningkatkan energi, namun tidak disarankan mengonsumsi yang manis-manis apalagi di dini hari. Kita tetap bisa mengonsumsi makanan dan minuman manis selama berpuasa.

Namun, sebaiknya jangan berlebihan, bukan? Pastikan mengetahui batas normal asupan gula untuk menghindari dampak buruk seperti peningkatan kadar gula darah dan obesitas.

Memenuhi kebutuhan nutrisi dan serat Anda. Meski berpuasa, kebutuhan nutrisi dan serat tetap harus dipenuhi. Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan gizi seimbang adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung protein, karbohidrat, vitamin, dan serat alami.

Selain itu, sebaiknya kita juga mengonsumsi makanan kaya karbohidrat seperti roti, nasi merah, dan alpukat saat sahur untuk menghemat energi. Kemudian hadirkan peralatan memasak praktis yang bisa kita gunakan selama bulan puasa.

Kurangi Kafein Tips puasa sehat berikutnya adalah dengan mengurangi konsumsi kafein. Seperti yang kita ketahui, kafein merangsang pengeluaran cairan dalam tubuh melalui urin.

Dianjurkan untuk meminum air mineral berkualitas baik untuk memenuhi kebutuhan cairan dan menjaga kesehatan tubuh.

Istirahat Yang Cukup Walaupun pada hari-hari biasa, istirahat yang cukup sudah menjadi kewajiban anda, terutama pada bulan puasa. Pastikan kita mendapatkan tidur yang cukup, minimal 6 jam sehari, dan 7 jam sehari untuk anak. Istirahat yang cukup membuat tubuh tidak lemas dan tidak bisa konsentrasi dalam beraktivitas di siang hari.

Dosen Spesialis Medikal Bedah Prima Trisna Aji menyampaikan bahwa untuk menjalani Puasa tips yang baik adalah bisa menggantikan jumlah cairan yang sudah keluar dari dalam tubuh manusia itu sendiri.

“Untuk tips supaya bisa terhindar dari dehidrasi ketika menjalani ibadah puasa adalah dengan tips 2 – 4 – 2 yaitu minum air putih 1 gelas air putih ketika berbuka puasa, 1 gelas air putih setelah berbuka puasa, 1 gelas air putih sebelum sholat tarawih, 1 gelas air putih setelah sholat tarawih, 1 gelas air putih sebelum makan malam dan 1 gelas beberapa sebelum tidur. Sedangkan 2 gelas terakhir adalah minum 1 gelas air putih bangun tidur sebelum sahur dan 1 gelas air putih setelah sahur”, Ucap Prima.

Editor : Firman

Ikuti Kami di :
banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.