Cara Meningkatkan Imun Supaya tidak Mudah Terserang Penyakit di Bulan Ramadhan

  • Whatsapp

Oleh: Prima Trisna Aji
Dosen Spesialis Medikal Bedah S3 PhD Lincoln College University Malaysia

Pada bulan Ramadhan tubuh akan dikondisikan untuk tidak mengkonsumsi makanan. Hal ini sangat baik untuk proses detoksifikasi pada tubuh manusia.

Bacaan Lainnya

Untuk menjaga Puasa tetap lancer dan tidak ada hambatan ada berbagai cara untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

Konsumsi Vitamin C Untuk menjaga daya tahan tubuh meskipun sedang terjadi wabah virus corona, disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya vitamin C. Ketika daya tahan tubuh kuat, virus, kuman, dan penyakit akibat bakteri tidak akan mudah menyerangnya.

Makanan yang dianjurkan dikonsumsi karena kandungan vitamin C-nya yang tinggi antara lain jeruk, jambu biji, pepaya, stroberi, dan kiwi. Faktanya, jambu biji mengandung vitamin C dua kali lebih banyak dibandingkan buah jeruk.

Sedangkan untuk makanannya bisa dimakan apa adanya atau diolah menjadi jus. Namun, jangan menambahkan terlalu banyak gula. Pasalnya vitamin C terbaik yang bisa didapat dari buah dikonsumsi secara alami tanpa adanya pemanis buatan.

Sayur dan Buah Untuk memperkuat daya tahan tubuh terutama dianjurkan mengkonsumsi sayur dan buah. Mengonsumsi kedua makanan ini secara bersamaan akan memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melindungi Anda dari berbagai penyakit karena mengandung berbagai vitamin dan mineral.

Mengelola Stres Jika stres tidak dikelola dengan baik, otomatis produksi hormon kortisol dalam tubuh meningkat. Peningkatan produksi hormon kortisol dalam jangka panjang secara bertahap dapat menurunkan daya tahan tubuh.

Untuk mencegahnya, penting untuk mengelola stres dengan baik agar tidak mempengaruhi daya tahan tubuh. Istirahat yang cukup Meningkatkan daya tahan tubuh belum tentu disebabkan oleh faktor nutrisi.

Tubuh kita juga memerlukan istirahat yang cukup agar tetap sehat. Orang dewasa membutuhkan 7 hingga 8 jam tidur sehari. Anak-anak sekarang membutuhkan tidur lebih dari 10 jam per hari. Pastikan istirahat yang cukup untuk menjaga kekebalan tubuh.

Olah Raga Secara Teratur Langkah memperkuat imun tubuh selanjutnya adalah dengan berolahraga selama 30 menit setiap hari. Aktivitas ini paling menyehatkan jika terkena langsung sinar matahari pagi, karena sinar matahari dapat meningkatkan kadar vitamin D.

Meski tidak pergi ke gym, Anda bisa berolahraga dengan mudah dan murah hanya dengan berjalan kaki atau berlari cepat.
Mengonsumsi Suplemen Selain mengikuti langkah-langkah berikut dan menerapkan pola hidup sehat, Anda dapat menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan mengonsumsi suplemen tambahan dan multivitamin.

Mengonsumsi suplemen tambahan atau multivitamin dapat menjadi pilihan untuk melengkapi pola makan yang mungkin kekurangan nutrisi yang diperlukan untuk menjaga daya tahan tubuh.

Selain langkah-langkah tersebut, kita juga harus menjaga kebersihan lingkungan sekitar agar tidak menjadi sarang kuman, virus, dan kuman. Kita tidak hanya perlu menjaga kebersihan lingkungan rumah, tetapi Anda juga perlu menjaga kebersihan tubuh.

Kemudian yang terakhir membiasakan mencuci tangan setiap selesai beraktivitas akan membantu menjaga tubuh tetap sehat.

Dosen Spesialis Medikal Bedah Prima Trisna Aji menyampaikan dari beberapa penelitian yang sudah diteliti Peningkatan imunitas dapat diperoleh dengan mudah, cukup dengan melakukan latihan fisik secara rutin dan teratur serta memenuhi asupan gizi di dalam tubuh.

“Meskipun belum ada teori pasti yang dapat menjelaskannya, tetapi banyak penelitian yang sudah membuktikan bahwa dengan Latihan fisik dan menjaga asupan berpotensi dapat meningkatkan imunitas tubuh dalam melawan infeksi virus, terutama covid-19”, Ucap Prima.

Editor : Firman

Ikuti Kami di :
banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.