Tips Menajamkan Pisau ala Ibu Rumah Tangga

  • Whatsapp

SRAGEN, Beritategas.com – Tidak bisa di pungkiri, Pisau adalah alat yang paling dicari ibu rumah tangga di dapur. Menjadi persoalan yang lumayan serius bilamana Pisau yang digunakan tidak tajam. Waginem (55), warga Kecamatan Masaran, Kabupaten Sragen akan berbagi tips tentang cara menajamkan Pisau, Sabtu (13/01/24).

Dijelaskan oleh Waginem bahwa peranan Pisau sangat penting bagi ibu-ibu didapur. Apa lagi untuk Waginem yang notabene adalah pemilik warung makan sederhana di Kecamatan Masaran.

“Bagi saya seorang pelaku usaha dibidang kuliner, peranan Pisau sangatlah penting. Mendapati pisau yang tidak tajam, akan mengganggu saya untuk meracik bahan-bahan masakan yang akan saya sajikan di rumah makan sederhana saya”, jelasnya.

Waginem menambahkan bahwa bila Pisau diasah hanya dengan batu ungkal, tajamnya tidak akan bertahan lama. Bila memakai gerinda pun hasilnya tidak terlalu memuaskan.

“Pisau yang tumpul dapat mengganggu saya dalam menyediakan bahan-bahan yang akan saya masak. Bila Pisau yang tumpul diasah menggunakan batu asahan atau gerinda pun hasilnya tidak bertahan lama”, tambahnya.

Sebenarnya sangat mudah untuk menajamkan Pisau tersebut. Bahan-bahan yang digunakan-pun sangat mudah didapatkan di dapur, serta bisa dikerjakan oleh ibu-ibu sendiri.

“Cara menajamkan Pisau sangat mudah. Tidak perlu bantuan suami dan bisa dikerjakan ibu-ibu sendiri. Caranya adalah, memanaskan Pisau yang tumpul di atas kompor yang menyala selama 5-10 menit. Dilanjutkan melarutkan Garam Dapur secukupnya ke dalam botol air mineral yang telah dibuang tutupnya dengan air hangat. Rendam pisau yang telah dipanaskan tersebut ke dalam botol mineral yang berisi larutan Garam Dapur. Setelah dingin, Pisau yang tumpul tersebut diasah dengan menggunakan batu asah. Pisau yang tadinya tumpul, akan tajam dan bertahan lama ketajamannya. Selamat mencoba”, pungkasnya.

Pewarta : Widiyo Prakoso
Editor : Firman

Ikuti Kami di :
banner 300x250banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.