Stafsus Pj Bupati OKU Bidang Lingkungan Hidup Tinjau Pabrik Minanga Ogan di Lubuk Batang

  • Whatsapp
Stap
Kedatangan Staf Khusus Bupati OKU Bidang LH dan rombongan Ini diterima oleh Prasetyo/Manager PT Minanga Ogan

BATURAJA, Beritategas.com – Syaiful Amin.SH/Staf Khusus Bupati OKU Bidang Lingkungan Hidup bersama-sama dengan Tim Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten.OKU serta dua orang wakil dari LSM “YALHI” OKU RAYA, melakukan peninjauan lokasi Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) PKS PT.Minanga Ogan 2 di Desa Lubuk Batang Baru, Jumat (28/10/2022).

Tim DLH Kabupaten OKU tersebut terdiri dari: Brigmand,ST,M.Si, Erwan Kasmirudin,S.Sos, MM, Daster Yuniati, SE, Deka Ariyanti,SP dan Siti Maimunah/Kepala UPTD Laboratorium Lingkungan DLH OKU.

Bacaan Lainnya

Kedatangan Staf Khusus Bupati OKU Bidang LH Ini diterima oleh Prasetyo/Manager PT Minanga Ogan (PT.MA), Abdullah/Humas dan Yoga/Komandan Security.

Dalam kesempatan tersebut Syaiful Amin,SH menyampaikan bahwa kedatangannya bersama Tim DLH Kabupaten OKU karena ditugaskan oleh Pj Bupati OKU sehubungan dengan adanya laporan masyarakat tentang dugaan pencemaran air Sungai Kurup oleh limbah cair dari PKS 2 PT.MA/Jumat, 20 Oktober ‘2022 lalu.

Stafsus Bupati OKU Bidang LH menyampaikan bahwa jika berdasarkan bukti-bukti di lapangan dengan kesaksian warga terdampak serta dari hasil test Labor PT.MA terbukti mencemari Lingkungan Hidup karena faktor kelalaian, maka akan diusulkan kepada Pj Bupati OKU agar PT.MA diberikan sanksi administratif berupa Paksaan Pemerintah (sesuai ketentuan UU No: 32/2009 tentang PPLH).

Sementara Manager PT. Minanga Ogan/Prasatyo menyampaikan bahwa,”apa yang terjadi beberapa hari lalu mengenai adanya limbah yang mengalir di Air Kurup, bahwa hal tersebut terjadi disebabkan oleh hujan yg berintensitas tinggi, sehingga Bak penampungan limbah/IPAL penuh dan meluber serta menjebol tanggul Kolam IPAL,” namun saat ini sudah dilakukan penanggulangan, dengan meninggikan bak limbah,’ jelasnya.

Dia menambahkan, sedangkan untuk warga yang terdampak limbah pihak Perusahaan sudah menyuplai air bersih ke rumah-rumah warga.

“Pihak perusahaan juga saat ini sudah membantu pembuatan sumur bor dan sumur gali untuk Desa yang terdampak,” terangnya.

Sementara Staf Khusus PJ Bupati OKU Bidang LH Syaiful Amin.SH menegaskan pada pihak Perusahaan bahwa selain melakukan tindakan penanggulangan, mereka juga wajib melakukan tindakan pemulihan lingkungan sebagaimana diatur UU,

Syaiful Amin.SH juga mengarahkan DLH Kabupaten OKU untuk meninjau IPAL dan mengambil sampel limbah cair pada titik Outlet/Output, pada hulu Sungai Kurup serta hilir Sungai Kurup untuk dilakukan Tes Laboratorium DLH.

Pewarta : Rudi Hartono
Editor : Firman

Ikuti Kami di :
banner 300x250banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.