Program Padat Karya Di Desa Mencolok Dilaksanakan Dengan Sistem Rolling

  • Whatsapp

TANJUNG JABUNG TIMUR – Pelaksanaan program padat karya yang dilaksanakan di Desa Mencolok, Kecamatan Mendahara Ulu, Kabupaten Tanjung Jabung Timur ada keunikan, selain melibatkan masyarakat pekerjanya dilaksanakan dengan sistem rolling (bergantian).

Sebagai salah satu upaya dalam memenuhi kebutuhan masyarakat pada infrastruktur (sarana prasarana), Pemerintah Pusat melalui Desa Mencolok melaksanakan pembangunan jalan beton yakni program yang lebih dikenal dengan program Pisaw .

Bacaan Lainnya

Pelaksanaan pembangunan tersebut dilaksanakan oleh masyarakat setempat atau tepatnya dinamakan padat karya.

Satu hal unik dan ditemui pada masyarakat dalam melaksanakan pekerjaan tersebut adalah metode kerja yang diterapkan. Dalam mengerjakan pekerjaan itu, masyarakat saling bekerja sama yakni dengan sistem rolling atau pergantian.

“Metodenya, pekerja tim pertama bekerja selama 3 hari, selanjutnya tim kedua menggantikan tim pertama,” jelas Yunus ketua Program Pisaw. Senin (09/11/2020).

Yunus menambahkan, pekerjaan tersebut mengikuti aturan Kemendesa yaitu padat karya.

“Kita melibatkan semua masyarakat dalam andil pekerjaan sehingga tidak terjadi suatu kecemburuan sosial di antara sesama masyarakat,” imbuhnya.

Lebih lanjut dikatakan, dilibatkan semua masyarakat dalam pekerjaan itu, tujuannya adalah agar semua masyarakat dapat bersama-sama menikmati, mengerjakan pekerjaan dengan rasa tanggung jawab atau dedikasi yang tinggi sehingga kualitas jalan yang akan dihasilkan pun akan menjadi lebih baik karena mereka merasa memilikinya.

Selain itu, dijelaskan, masyarakat yang ekonominya agak lemah dapat terbantu dengan turut sertanya pada pekerjaan pembangunan jalan beton Pisaw dengan kontribusi upah sebagai hasil kerjanya.

Kepala Desa Mencolok,Datuk Ambo Alang dan ketua program pisaw, Yunus mengucapkan rasa terima kasih dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Pusat atas Program Pisaw yang digulirkan di Desa Mencolok.

“Terima kasih,kami ucapkan pada pemerintah atas telah digulirkannya program ini di Desa kami,” tutupnya.

Reporter : Harvery
Editor : Firman

Ikuti Kami di :
banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.