Metode Unik Pembangunan Padat Karya Desa Sungai Toman

  • Whatsapp

TANJUNG JABUNG TIMUR – Geliat pembangunan terus dilaksanakan guna memenuhi kebutuhan masyarakat khususnya membantu akses perekonomian masyarakat Desa Sungai Toman, Kecamatan Mendahara Ulu, Kabupaten Tanjung Jabung Timur meski pandemi Covid-19 masih terdengar santer.

Hal tersebut, tidaklah menjadi suatu problema bagi desa dalam melanjutkan pembangunan untuk menuju ke arah perkembangan, kemajuan dalam berbagai bidang dan khususnya pelaksanaan pembangunan jalan beton sebagai suatu alat atau akses bagi masyarakatnya.

Bacaan Lainnya

Kepala Desa Sungai Toman, Kecamatan Mendahara Ulu,Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Datuk Sudir Hamzah melalui TPK Desa, Jasirin saat diminta keterangan tentang pelaksanaan pembangunan jalan beton, mengatakan bahwa pihak desa tak henti-hentinya memperhatikan dan mengakumulasi kebutuhan masyarakat khususnya pelaksanaan pembangunan jalan beton di beberapa titik pada wilayah RT.05 yang telah selesai dilaksanakan dengan baik.

Masih kata Jasirin, pelaksanaan pembangunan jalan beton itu bertujuan agar masyarakat setempat dapat mengakses jalan guna meningkatkan perekonomian.

“Mempercepat laju pertumbuhan ekonomi masyarakat, akses cepat dalam mendistribusikan hasil perkebunan dan pertanian yang semula susah ditempuh karena medan jalan yang tidak mendukung,” ungkap Jasirin. Senin (9/11/2020).

Masih kata Yasirin, pelaksanaan pembangunan jalan beton tersebut telah diselesaikan dengan baik.

“Dalam hal pekerjaan, pekerja itu sendiri adalah masyarakat Desa Sungai Toman bahkan pekerjaan diawasi langsung oleh Ketua Badan Permusyawaratan Desa(BPD), Ibu Desniar Sedangkan pola yang kita gunakan tetap sesuai dengan aturan Kemendesa yakni padat karya,” terangnya.

Lebih Lanjut dikatakan, pihaknya melibatkan masyarakat desa itu sendiri dalam melaksanakan pekerjaan itu dengan metode saling mengisi (rolling), artinya pekerja dijadwalkan secara teratur.

Semisal, ungkap Yasirin mencontohkan,” tiga hari dikerjakan oleh anggota berjumlah 10 orang tim I maka di tiga hari mendatang akan dikerjakan oleh anggota masyarakat berjumlah 10 orang lagi dengan tim yang berbeda sehingga seluruh masyarakat desa dapat dilibatkan semua dalam padat karya,” imbuhnya.

Selaku TPK Desa, Jasirin dan segenap Pemerintah Desa Sungai Toman, berharap kepada masyarakatnya agar jalan tersebut dirawat dan dimanfaatkan dengan baik. Selain menjadi akses juga usia jalan dapat awet dan tahan lama,” tutupnya.

Reporter : Harvery
Editor : Firman

Pos terkait

Tinggalkan Balasan