Prof. Dr. Helmi, S.H., M.H. Menjadikan UNJA Berkelas Dunia

  • Whatsapp
Calon Rektor

JAMBI, Beritategas.com – Pemaparan visi misi dan program kerja merupakan salah satu rangkaian tahapan pemilihan rektor Universitas Jambi periode 2024-2028. Profesor Helmi, salah satu kandidat calon rektor mengusung visi, “Menjadikan UNJA sebagai A World Class Entrepreneurship University”, dengan tridarma perguruan tinggi.

Prof. Helmi ketika ditemui di kediamannya, Minggu (22/10/2023) akan mengemban misi, antara lain:
1. Mengupayakan dan menjamin akses pendidikan tinggi yang berkualitas dan terjangkau bagi seluruh lapisan masyarakat dengan berlandaskan pada asas kesetaraan serta layanan prima pendidikan tinggi.
2.Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat,
3. Melaksanakan pendidikan berkualitas serta mengembangkan kreativitas entrepreneur sesuai dengan bakat dan minat Mahasiswa,
4.Menghasilkan para lulusan entrepreneur dari berbagai bidang keilmuan yang kompetitif serta mampu mengaplikasikan ilmu sesuai bidangnya secara profesional,
5.Melaksanakan berbagai penelitian kreatif dan inovatif berbasis sumberdaya local guna mendukung pelaksanaan pendidikan entrepreneur yang berkualitas, baik di tingkat nasional maupun internasional,
6.Meningkatkan standar mutu akademik yang berstandar nasional dan internasional.

Bacaan Lainnya

Dilihat dari akreditasi, kondisi Universitas Jambi yang merupakan salah satu perguruan tinggi negeri terbesar di Jambi kini berstatus terakreditasi “B” berdasarkan No.SK 468/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2018.

Kemudian : 5 (Lima) Program Studi Akreditasi Internasional, 8 (delapan) Program Studi terakreditasi Unggul, 8 (delapan) Program Studi terakreditasi A, 44 (empat puluh empat) Program Studi terakreditasi B, 16 (enam belas) Program Studi terakreditasi Baik Sekali serta 5 (lima) Program Studi terakreditasi Baik.

Peringkat Universitas Jambi (Unja) di deretan Perguruan Tinggi Nasional terus membaik. Berdasarkan rilis lembaga pemeringkat kampus terbaik dunia Webometrics pada Juli 2023, Universitas Jambi menduduki ranking ke-79 di Indonesia dan menempati peringkat 5.199 di dunia. Sedangkan berdasarkan rilis lembaga UniRank tahun 2023 posisi UNJA terletak pada peringkat ke-87 di tingkat nasional.

Kemudian Helmi menambahkan, UNJA saat ini, ada Pusat Unggulan Iptek, Desa Laboratorium Terpadu, ada Badan Pengelola Usaha (BPU) Unja, Peningkatan Kerjasama dalam dan luar negeri, pengembangan kegiatan kewirausahaan dan inkubator bisnis, Fasilitas Gedung dana ADB.

Selanjutnya berdasarkan pada Kondisi dan Indikator Kerja Utama (IKU) tahun 2022, dari 8 IKU, hanya IKU 4, Persentase dosen yang memiliki sertifikat kompetensi/profesi yang diakui oleh dunia usaha dan dunia industri, yang mencapai melebihi target. Harapan dalam program kerja strategis 2024-2028 akan meningkatkan mencapaian IKU bidang pendidikan, bidang penelitian dan pengabdian masyarakat.

Di bidang pendidikan yaitu peningkatan kompetensi lulusan untuk menerapkan, mengembangkan, menemukan ilmu pengetahuan dan teknologi yang bermanfaat bagi masyarakat, serta secara aktif mengembangkan potensi, terutama Sarjana dan Vokasi melalui:
Pembejalaran partisipatif, inklusif, kolaboratif yang berpokus pada luaran, proses dan masukan.

Kemudian belajar di luar kampus (Magang, Proyek di Desa, Mengajar, Penanggulangan Bencana, Penelitian Mandiri).

Di Bidang Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, akan mengembangkan penelitian dan pengabdian masyarakat yang Inovatif pokus pada isu-isu strategis local, nasional, dan global seperti kearifan local dalam pengelolaan sumber daya lingkungan, perubahan iklim, energi terbarukan, pengembangan teknologi tepat manfaat bagi industry dan UMKM.

Juga akan melakukan pengembangan LPPM berbasis Revolusi Industri 4.0 sehingga tetap relevan, berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan, inovasi teknologi dan penguatan masyarakat terutama di perdesaan, hilirisasi hasil-hasil penelitian sehingga bermanfaat bagi masyarakat luas.

Tak kalah pentingnya pada program Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, akan Pengembangan Kewirausahaan yang sesuai dengan keahlian dan fokus serta menghasilkan pendapatan dari layanan konsultasi, pelatihan, atau produk yang berkaitan dengan penelitian dan pengabdian masyarakat.

Serta Pengembangan UNJA Training Centre (IT, Kebijakan, Kependidikan, Ekonomi dan Bisnis, Pertanian, Peternakan, Kesehatan Masyarakat, Workshop/Bengkel)

Selanjutnya di bidang kemahasiswaan dan alumni, akan memfasilitasi peningkatan prestasi mahasiswa di tingkat nasional dan internasional, menfasiltasi kewirausahaan mahasiswa.

Serta Pembentukan Tim Talenta Prestasi pada setiap Fakultas, Penyediaan beasiswa MBKM kepada mahasiswa dimulai pada semester III. Peningkatan prestasi mahasiswa melalui peran alumni Universitas Jambi.

Point lainnya yaitu penguatan organisasi alumni dalam rangka pembinaan terhadap alumni baru. Serta Pencegahan dan penindakan terhadap: radikalisme, kekerasan seksual, intoleransi dan perundungan.

Kerjasama dilakukan dalam rangka mendukung penyelenggaraan pembelajaran, penelitian dan pengadian masyarakat dan memberikan manfaat terhadap mitra kerjasama.

Dalam tata kelola dan sumber daya manusia, akan mengoptimalisasi WEB Universitas dan Fakultas, Fasilitasi Studi Lanjut S3 Dosen di Dalam dan Luar Negeri, Peningkatan Kompetensi Profesi Dosen dan Tenaga Kependidikan, Serta mendorong percepatan guru besar dan lektor kepala.

Diakhir pertemuan Prof Helmi minta doa restu kita semua untuk kesuksesan mencapai pimpinan tertinggi Kampus Pinang Masak UNJA periode 2024-2028. Komitmen dan Konsisten merupakan kunci sukses.

Pewarta : A.Erolflin
Editor : Firman

Ikuti Kami di :
banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.