PLH Bupati OKU Tinjau Jalan Terputus Di Desa Kungkilan

  • Whatsapp

BATURAJA – Plh. Bupati OKU H. Edward Candra, langsung meninjau Jalan yang terputus akibat intensitas hujan yang yerus menerus sehingga mengakibatkan pergeseran tanah di Desa Kungkilan Kecamatan Sosoh Buay Rayap Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selasa (25/05/2021).

Dalam peninjauan ke lokasi tanah amblas Plh Bupati di dampingi OPD terkait, unsur Muspika kecamatan Lengkiti dan Sosoh Buay rayap, Anggota Kodim 0403 OKU, Anggota Satlantas Polres OKU, Kepala Desa Kungkilan dan masyarakat sekitar.

Bacaan Lainnya

Putusnya jalan poros penghubung Baturaja dan Muaradua, tepatnya di Desa Kungkilan Kecamatan Sosoh Buay Rayap, akibat curah hujan yang cukup tinggi pada beberapa hari yang lalu menyebabkan pergeseran tanah dan mengakibatkan jalan amblas.

Amblasnya jalan tersebut lebih kurang sepanjang 200 meter, sehingga jalan Provinsi dari dan menuju Baturaja-Muaradua dan Sekitarnya itu tidak bisa dilewati kendaraan roda empat, sedangkan untuk kendaraan roda dua sementara ini sudah dialihkan ke jalan alternatif yang berada di lokasi tanah Omiba.

Jalan alternatif bagi masyarakat, diarahkan ke lahan Omiba yang melewati perkebunan dan tembus ke pemukiman.

Terkait putusnya jalan ini, Pemerintah Kabupaten OKU akan mengambil langkah-langkah secepatnya agar jalan tersebut kembali berfungsi dan bisa dilewati kembali oleh masyarakat luas.

Pada kesempatan itu, Plh. Bupati OKU Drs. H. Edward Candra, M.H., mengatakan,”peninjauan ini untuk mengetahui secara langsung mengenai kondisi jalan yang rusak,” ungkapnya.

Setelah melihat langsung di lapangan, memang kondisi jalan tidak bisa dilalui kendaraan roda empat namun untuk kendaraan roda 2 sudah dialihkan ke jalan alternatif.

Untuk kedepannya sembari menunggu jalan diperbaiki kembali, untungnya ada jalan alternatif menuju ke desa tapi perjalanannya cukup jauh karena jalannya memutar serta kondisi jalan yang agak licin sehingga masyarakat harus berhati-hati untuk melewatinya.

Atas kerusakan jalan tersebut, Plh Bupati OKU sudah melaporkan ke Gubernur Sumsel dan berkoordinasi dengan PUPR Provinsi Sumsel dan pihak-pihak terkait lainnya termasuk pihak Puslatpur untuk pengajuan izin melalui lahan Omiba terkait untuk pembukaan jalan alternatif di lahan perkebunan warga sehingga diharapkan jalur transportasi kembali lancar sambil menunggu perbaikan jalan yang amblas.

Namun demikian, Plh Bupati juga berharap, Pihak muspika, camat, danramil dan kapolsek serta kepala desa dan bpd dapat bersinergi berkoordinasi dengan semua pihak sehingga dapat memberikan izin terkait lahan pertaniannya yang dikelola oleh masyarakat untuk membantu kelancaran akibat dari pembuatan jalan alternatif tersebut.

Kepada masyarakat, Plh Bupati juga berpesan,”agar terus siaga dan tetap waspada dalam kondisi situasi cuaca, angin kencang, hujan dan petir yang selalu datang tanpa diduga,” harapnya.

Selesai melakukan peninjauan jalan yang Amblas PLh Bupati OKU langsung meninjau Kelompok Tani Jagung di desa Bandar Jaya kecamatan lengkiti.

Reporter : Rudi Hartono
Editor : Firman

Ikuti Kami di :
banner 300x250banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.