Peran Serta Babinsa dalam Kegiatan Pelayanan KB

  • Whatsapp
KB

SURAKARTA, Beritategas.com – Babinsa Kelurahan Jayengan Koramil 03/Serengan Kodim 0735/Surakarta Serka Priyanto monitoring kegiatan pelayanan KB di Puskesmas Jayengan jalan Wirotamtomo RT 02 RW 05 Jayengan,Kecamatan Serengan, Kota Surakarta, Senin (25/09/23).

“Program KB (Keluarga Berencana) dengan 2 anak cukup, merupakan salah satu cara guna menekan pertumbuhan penduduk dengan cara sosialisasi maupun program melaksanakan KB sesuai dengan keinginan masing masing, program tersebut sangatlah efektif mengingat ada sebagian masyarakat yang enggan untuk mengikuti program KB tersebut untuk itu para kader PLKB selalu aktif dalam program tersebut dengan cara sosialisasi maupun kegiatan gugur gunung di setiap wilayah”, jelas Serka Priyanto.

Bacaan Lainnya

Kegiatan pelayan KB yang dilaksanakan di Puskesmas Jayengan merupakan pelayanan bagi masyarakat yang melaksanakan KB sesuai dengan yang diinginkan.

Hendra Kusuma selaku kader PLKB menambahkan bahwa selain “pelayan KB juga dilakukan sosialisasi tentang alat kontrasepsi yang pasien inginkan mulai dari suntik, iud, implan dan juga kondom. Dengan cara itulah yang dapat menekan jarak kelahiran anak serta juga dianjurkan untuk mempunyai dua (2) anak cukup sesuai program pemerintah”.

Pemeriksaan ibu hamil juga sangat diharuskan karena akan dapat terlihat perkembangan selama kehamilan sampai kelahirannya agar nantinya anak yang dilahirkan sehat serta tidak ada kendala.

“Dianjurkan pula pemberian ASI eksklusif dan gizi seimbang hingga anak usia dua (2) tahun atau lebih dan pantau tumbuh kembang anak, lengkapi imunisasi dasar, periksakan selama kehamilan secara rutin dan yang terakhir yaitu mengikuti program KB serta mengatur jarak kelahiran diharapkan dengan pencegahan tersebut nantinya anak bisa tumbuh kembang dengan normal tidak terjadi stunting pada anak tersebut”, pungkasnya.

Pewarta : Widiyo Prakoso
Editor : Firman

Ikuti Kami di :
banner 300x250banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.