Mahasiswa Ilmu Pemerintahan UNJA Praktikum Transformasi Digital di JDAC Provinsi Jambi

  • Whatsapp

JAMBI, Beritegas.com – Mahasiswa Program Studi Ilmu Pemerintahan Universitas Jambi (UNJA) berkesempatan untuk melakukan ‘Praktikum dan Studi Lapangan’ ke Jambi Data & Analitic Center (JDAC) Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Provinsi Jambi yang bertempat di Kantor Gubernur Jambi pada Selasa 28 Mei 2024.

Dosen Program Studi Ilmu Pemerintahan, Dimas Subekti, S.IP., M.IP., yang menjadi pengampu mata kuliah berharap mahasiswa dapat memberikan rekomendasi praktis terhadap pengembangan platform ini agar lebih baik dimasa mendatang, serta mengenalkan proses transformasi digital bagi mahasiswa lebih dekat.

Bacaan Lainnya

“Para mahasiswa sangat antusias dalam mendengarkan paparan dan berdiskusi, kemudian mencoba berbagai fitur dalam platform JDAC,” tutur dia, Jumat (07/06/2024).

Menurut Dimas, kunjungan tersebut bertujuan untuk untuk mempelajari lebih lanjut tentang platform data terpusat dan terintegrasi yang telah di luncurkan oleh Dinas Kominfo Provinsi Jambi sebagai bagian dari agenda transformasi digital di pemerintahan daerah.

JDAC merupakan platform yang menyediakan berbagai informasi berupa data Provinsi Jambi dalam satu website. Data yang tersedia di JDAC meliputi data kependudukan, ekonomi, sosial, budaya, dan lain sebagainya.

Platform ini dirancang untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi terkait Provinsi Jambi juga memudahkan pemerintah dalam mengambil keputusan dan menyusun kebijakan publik.

Dalam kunjungannya, para mahasiswa disambut oleh penanggung jawab JDAC sekaligus Senior Programer, Badriyati Fitri, S.Kom., M.Si. Pada pemaparannya, Fitri menyampaikan bahwa JDAC merupakan salah satu upaya pemerintah daerah dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan transparan merespon cepatnya perubahan dan adaptasi terhadap teknologi yang terus berkembang.

“Dengan adanya JDAC, pemerintah lebih presisi dalam mengambil keputusan dan tentunya masyarakat dapat dengan mudah mengakses informasi terkait Provinsi Jambi,” ujar Fitri.

Kunjungan ke JDAC ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman para mahasiswa tentang penggunaan Teknologi Informasi yang ada pada Pemerintahan Provinsi Jambi serta membuka kesempatan kolaborasi antara pemerintah dan universitas dalam pengembangan lebih lanjut program-program inovasi pemerintahan pada level lokal.

“JDAC sangat membantu kami mahasiswa semester 6 dalam mencari data. Dengan adanya platform ini, kami dapat dengan mudah mendapatkan data yang akurat dan terkini,” ujar salah satu mahasiswa.

Kunjungi : www.unja.ac.id.

Pewarta : A.Erolflin
Editor : Firman

Ikuti Kami di :banner 300x250banner 300x250banner 300x250
banner 300x250banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.