KPU Nisbar Gelar Bimtek Sirekap KPPS kecamatan Mandrehe

  • Whatsapp

NIAS BARAT, Beritategas.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Nias barat bersama Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) laksanakan Bimbingan teknis (Bimtek) kepada kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) tentang tata kerja, kode etik, kode perilaku, penghitungan suara, tahapan pemungutan suara serta penggunaan sistem informasi (Sirekap) se kecamatan Mandrehe, kabupaten Nias barat, bertempat di Gereja ONKP Mandrehe dan Tokosa hall Onolimbu, Nias barat, sabtu (27/01/2024).

Ketua PPK Mandrehe Maseli Gulo dalam sambutannya mengatakan peran KPPS dalam menyukseskan pemilu sangat penting.

Bacaan Lainnya

“Peran KPPS ini sangat penting, supaya menjaga netralisasi, jangan sampai terlibat partai politik,” sebutnya.

Sementara arahan dan bimbingan Ketua KPU Nias Barat Safarman Jaya Gulo menyebutkan bahwa KPPS adalah ujung tombak.

“Kalian ini semua adalah ujung tombak kami, jadi dalam pekerjaan kita ini harus di sesuaikan sesuai aturan yang berlaku, kita melayani mereka dengan sepenuh hati,” jelas ketua.

Safarman Jaya Gulo juga menegaskan jika ada kelemahan agar langsung menghubungi PPS.

“Perlu kami tegaskan kepada KPPS, jika ada kelemahan agar dapat menghubungi PPS baru PPS ke PPK juga PPK ke kami KPU Kabupaten,” tegasnya.

Dikatakannya juga bahwa kotak yang pertama dibuka adalah harus kotak suara presiden.

Hal itu disampaikan, Soziduhu Gulo sebagai kepala Divisi Sosdiklih, parnas dan SDM KPU Kabupaten Nias Barat pada bimtek kodek etik, perhitungan suara, tahapan pemungutan suara, Tahapan pemungutan suara serta pengunaan sistim informasi Rekapitulasi Suara (sirekap) kepada KPPS wilayah kecamatan Mandrehe.

Oleh Karna itu, lanjut Soziduhu Gulo, KPPS harus di bekali dengan pengetahuan seputar penyelenggara pemilu melalui bimtek yang dilaksanakan sebelum KPPS terjun kelapangan menuju 14 Februari 2024.

“Sebelum KPPS bekerja maka dibekali melalui bimtek. Itu tujuan bimtek yang sedang kita laksanakan dan kemudian KPPS harus netral tidak boleh membeda-bedakan pemilihan dan peserta pemilu,” ujarnya.

Untuk diketahui, pelaksanaan bimtek KPPS wilayah kecamatan Mandrehe pelaksanaannya dibagi dua lokasi yakni di gereja ONKP Mandrehe dan Tokosa Hall. Turut hadir anggota PPK kecamatan Mandrehe seperti Yupiter Gulo, Rostini Gulo dan Ridoifan Gulo.

Hadir dalam bimbingan teknik ini, Ketua KPU Nias Barat Safarman Jaya Gulo, Kadiv Teknis Yulianus Gulo, Kadiv hukum Tarisman Zai, Kadiv SDM dan Parmas Soziduhu Gulo, Kadiv Rendatin Firman Iman Daeli Ketua PPK Mandrehe Maseli Gulo, PPS dan KPPS se-kecamatan mandrehe.

Pewarta : Sedarius Gulo
Editor : Firman

Ikuti Kami di :
banner 300x250banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.