Jelang Nataru, Kapolres Muaro Jambi Pimpin Rakor Persiapan “OPS Lilin”

  • Whatsapp

MUARO JAMBI – Dalam rangka menghadapi perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru), dilaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi Eksternal Kesiapan Pelaksanaan Ops Kepolisian Terpusat “Lilin-2020” Polres Muaro Jambi dipimpin oleh Kapolres Muaro Jambi, AKBP. Ardiyanto, S.IK, M.H di Aula Wira Pratama, Senin (14/12/2020).

“Pada hari ini kita hadir dalam rangka rapat koordinasi eksternal dalam rangka operasi kepolisian terpusat dengan sandi “Lilin 2020″ untuk pengamanan Natal dan tahun baru 2021 di wilayah Kabupaten Muaro Jambi,” kata Kapolres Muaro Jambi AKBP. Ardiyanto S.IK. MH.

Bacaan Lainnya

Masih kata AKBP. Ardiyanto, bahwa kepolisian akan melaksanakan operasi terpusat dengan melibatkan beberapa instansi terkait seperti TNI-Polri, Satpol PP, Dinas Kesehatan dan Dinas Perhubungan, bertujuan memberikan pemahaman kepada masyarakat agar tetap menjaga situasi kamtibmas yang aman dan kondusif pada saat perayaan natal dan tahun baru.

Dijelaskan Kapolres, Operasi kepolisian terpusat dengan sandi “Lilin 2020” akan mengamankan objek vital tempat ibadah, tempat wisata (Candi Muaro Jambi, Water Park Citra Raya City dan Jambi Paradise) serta kegiatan masyarakat yang menyebabkan terjadinya kerumunan massa.

“Tugas kita untuk mematuhi protokol kesehatan dan mencegah terjadinya kerumunan masyarakat, mari kita bersama-sama mensosialisasikan melalui media sosial, media elektronik dan secara langsung kepada masyarakat,” imbuhnya.

Lebih lanjut dikatakan, di tahun 2020 APBN untuk anggaran penanganan Covid-19 nilainya mencapai ratusan triliun rupiah, nilai tersebut lebih besar dari anggaran untuk membangun ibu kota baru di Kalimantan Timur sehingga akan sia-sia jika kita tidak membantu program pemerintah dalam penanggulangan Covid-19.

Masih kata Kapolres, situasi saat ini masa pandemi Covid-19 untuk akhir-akhir ini di wilayah Kabupaten Muaro Jambi terjadi penambahan pasien Covid-19, salah satu tugas kita adalah mencegah terjadinya penularan virus Covid-19.

Selain itu, sambungnya, perkembangan situasi baru-baru ini wilayah Polda Metro Jaya telah melakukan tindakan tegas dan terukur terhadap pelaku yang mengancam keselamatan bersama.

“Kegiatan Operasi kepolisian terpusat dengan sandi “Lilin 2020″ akan dimulai pada tanggal 21 Desember 2020 selama 15 hari kedepan, ada beberapa sasaran/target yaitu, orang yaitu semua orang/masyarakat, benda yaitu semua tempat termasuk rumah ibadah, tempat wisata,” kata Kapolres.

Kabag Ops Polres Muaro Jambi, AKP. Ayani, S.P., S.IK, menjelaskan dalam rangka kesiapan pelaksanaan Ops Kepolisian Terpusat “Lilin-2020” Polres Muaro Jambi mengatakan, jumlah Gereja atau rumah Ibadah di Kabupaten Muaro Jambi sebanyak 59 Gereja.

Lanjutnya, untuk Lokasi pos pam, posyan dan pos Lilin tahun 2020 , Pospam di Sungai Bahar, Posyan di Citra Raya City, Pos di water park Citra Raya, Candi Muaro Jambi dan Jambi Paradise,”dengan kekuatan pengamanan sebanyak 170 personil Polres Muaro Jambi, 22 personil Kodim 0415/Batanghari, 22 orang Dinas Kesehatan Muaro Jambi, 22 personel Dishub Muaro Jambi, 22 personel Satpol PP Muaro Jambi,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Danramil 415-05/Sengeti Kapten Inf Mujiono mengatakan, TNI siap membantu pihak Polri dalam pengamanan Ops Kepolisian Terpusat “Lilin-2020”,”akan mempersiapkan personil TNI untuk BKO pengamanan Posyan ataupun Pospam,” sebutnya.

Sementara, Sekda Muaro Jambi, Jangning, S.I.P meminta untuk kegiatan rapat ini dibuatkan berita acaranya, agar dapat kami gunakan untuk membuat surat ke jajaran Pemda Muaro Jambi dalam rangka membantu pelaksanaan Ops Kepolisian Terpusat “Lilin-2020” Polres Muaro Jambi.

“Pihak Pemda akan menyarankan Dishub Kabupaten Muaro Jambi untuk membantu personil Sat Lantas Polres Muaro Jambi dalam pengaturan lalu lintas,” tutupnya.

Rapat Koordinasi tersebut dihadiri, Kadis Kesehatan Muaro Jambi, Yes Isman, S.KM, Kepala BPCB Prov. Jambi, Dr. Agus Widiatmoko, Kasat Intelkam Polres Muaro Jambi,Iptu.Razali, S.H, Kasat Pol PP Muaro Jambi, Razami dan segenap Kapolsek jajaran Polres Muaro Jambi.

Reporter : Harvery
Editor : Firman

Ikuti Kami di :
banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.