Desa Kota Karang Kabupaten Muaro Jambi Jadi Pilot Project Sekolah Lansia Tingkat Provinsi Jambi

  • Whatsapp
Lansia

JAMBI, Beritategas.com – Kepala Desa Kota Karang, Kecamatan Kumpeh Ulu Kabupaten Muaro Jambi Abdul Gapur.S.P.i, menyambut baik desanya menjadi sebagai Pilot Project pembentukan dan pelaksanaan Sekolah Lansia Tingkat Provinsi Jambi.

Hal ini diungkapkannya ketika diadakan rapat pembentukan Sekolah Lansia antara Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi dengan perangkat desa dan masyarakat, bertempat di Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera (PPKS) Kecamatan Kumpeh Ulu, Senin (12/06/2023).

Bacaan Lainnya

BKKBN Jambi dihadiri Novita Sari beserta anggota Tim Pokja Lansia dan PPKS (Pokja 15) menyampaikan gagasan bahwa Desa Kota Karang menjadi pilot projeck pelaksanaan Sekolah Lansia di Provinsi Jambi.

Menurut Novita Sari kepada Beritategas.com, kegiatan ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari rapat koordinasi sebelumnya bersama Kepala Dinas OPD-KB Kabupaten Muaro Jambi yang menunjuk Desa Kota Karang sebagai lokus pembentukan dan pelaksanaan Sekolah Lansia Tingkat Provinsii Jambi.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi, Dr. Munawar Ibrahim, secara terpisah kepada Beitategas.com menyebutkan bahwa Sekolah Lansia merupakan sebagai upaya meningkatkan pengembangan program kelanjut usiaan sehingga mewujudkan lansia yang SMART (Sehat, Mandiri, Aktif, Produktif, Bermartabat). 

Sekolah Lansia ini merupakan sebuah pilot projec Program Bangga Kencana di Provinsi Jambi dalam upaya meningkatkan kualitas kegiatan kelompok Bina Keluarga Lansia dan mewujudkan lansia tangguh di Provinsi Jambi.

Tujuan dibentuknya Sekolah Lansia ini adalah untuk meningkatkan kualitas hidup serta kemandirian penduduk lanjut usia Provinsi Jambi dalam menjalani kesehariannya.

Dari hasil pertemuan disepakati bahwa, pelaksanaan Sekolah Lansia di Desa Kota Karang akan dimulai pada bulan Juli. Lamanya pelaksanaan adalah kurang lebih empat bulan yaitu hingga bulan Oktober 2023.

Kepala Desa Kota Karang menyambut baik proyek ini dan akan mengadakan pertemuan lebih lanjut dengan perangkat desa dan tokoh masyarakat di desa setempat untuk dapat menentukan dan membentuk pengurus sekolah lansia, termasuk menentukan siapa yang akan menjadi Kepala Sekolah dan guru-guru pengajar yang akan terlibat pada kegiatan dimaksud.

Setelah berdiskusi dengan para peserta rapat, Kepala Desa meminta Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi dalam hal ini Pokja 15 untuk dapat ikut serta mendampingi dalam rapat penunjukkan pengurus Sekolah Lansia Desa Kota Karang, dan dapat memberikan sosialisasi awal kepada masyarakat dan juga tokoh agama dan masyarakat Desa Kota Karang mengenai Sekolah Lansia yang akan dilaksanakan tersebut.

Pewarta : A. Erolflin
Editor : Firman

Ikuti Kami di :
banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.