Cegah Banjir, Kodim 0726/Sukoharjo Gelar Karya Bakti TNI, Normalisasi dan Bersihkan Sungai Langsur

  • Whatsapp

SUKOHARJO, Beritategas.com – Dandim 0726/Sukoharjo Letkol. Czi. Slamet Riyadi, S.E., pimpin langsung kegiatan Karya Bakti. Kegiatan yang dihadiri oleh Wakil Bupati Sukoharjo Drs. Agus Santosa dan Kadispertan Sukoharjo Bagas Windyaryatno, M.Si dilaksanakan di Desa Parangjoro, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Kamis (07/12/23).

Dijelaskan oleh Dandim 0726/Sukoharjo Letkol. Czi. Slamet Riyadi, S.E bahwa kegiatan ini adalah instruksi langsung dari KASAD. TNI Angkatan Darat melaksanakan Karya Bakti secara serempak di seluruh Indonesia.

Bacaan Lainnya

“Sesuai dengan perintah dari Bapak KASAD, hari ini kita TNI Angkatan Darat sedang melaksanakan Karya Bakti secara serempak di seluruh Indonesia. Kami dari Kodim 0726/Sukoharjo antara lain adalah melaksanakan pembersihan sungai kemudian pembersihan pasar dan yang terakhir ada penanaman pohon”, jelas Dandim 0726/Sukoharjo Letkol. Czi. Slamet Riyadi.

Ditambahkan oleh Dandim 0726/Sukoharjo Letkol. Czi. Slamet Riyadi, S.E bahwa kegiatan ini ada dua (2) manfaat. Diantaranya yaitu untuk mengantisipasi banjir yang mengakibatkan perkembang biyakan nyamuk serta mengantisipasi luapan air sungai yang menyebabkan terendamnya lahan persawahan.

“Untuk sasaran pembersihan aliran sungai hari ini kami didukung oleh Pemda Kabupaten Sukoharjo dengan sasaran sepanjang 8 KM. Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi masyarakat, karena ada dua manfaat dari Karya Bakti ini, yaitu sebagai upaya antisipasi banjir yang mengancam pemukiman warga serta mengantisipasi adanya wabah penyakit dari nyamuk. Yang kedua untuk mengurangi dampak luapan sungai yang dapat merusak lahan pertanian tanaman padi milik warga dari 6 Desa atau sekitar 600 hektar”, tambah Dandim.

Kegiatan Karya Bakti ini melibatkan 400 orang lebih, yang terdiri dari TNI Angkatan Darat dan stakeholder. Kegiatan yang ditargetkan 10 hari ini, sudah berjalan 3 hari.

“Dalam karya bakti ini kita mengerahkan mengerahkan 150 orang dari anggota Kodim, kemudian dibantu dari stakeholder yang lain kurang lebih seluruhnya ada sekitar 400 orang yang melaksanakan Karya Bakti hari ini. Karya Bakti ini sudah berjalan pada hari ketiga (3), ditargetkan normalisasi sungai ini akan berjalan selama 10 hari kedepan”, ujar Dandim 0726/Sukoharjo.

Bakdo salah seorang warga Desa Parangjoro yang lahan sawahnya dilalui oleh aliran sungai Langsur mengucapkan banyak terimakasih kepada Kodim 0726 Sukoharjo.

“Saya atas nama wakil dari warga sepanjang kali Langsur ini mengucapkan banyak terima kasih kepada Kodim 0726 Sukoharjo yang telah membantu kami melalui kegiatan Karya Bakti. Sejak tahun 1986 sampai sekarang, baru saat ini Kali Langsur di wilayah kami ini kembali diadakan kegiatan karya bakti. Kendala yang ada di sini banyak pohon bambu yang roboh karena banyaknya rumpun bambu di sepanjang sungai, kegiatan seperti ini sangat menunjang untuk pencegahan terjadinya banjir, karena kalau banjir kami sebagai petani rugi karena hasil panen tidak maksimal”, pungkasnya.

Pewarta : Widiyo Prakoso
Editor : Firman

Ikuti Kami di :
banner 300x250banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.