Burung Kacer Poci, Burung Berkarakter Tempur

  • Whatsapp
Kacer Poci

SRAGEN, Beritategas.com – Kicau Mania Indonesia sudah tidak asing dengan burung Kacer Poci. Burung ini sangat familiar bagi Kicau Mania Indonesia. Edy Prasetyo akan berbagi tips untuk perawatan burung Kacer Poci, Minggu (06/08/23).

Edy Prasetyo menjelaskan bahwa jenis-jenis burung Kacer di indonesia yang sudah familier untuk para Kicau Mania. Disamping itu, burung Kacer dari daerah mana saja yang baik untuk lomba.

“Burung Kacer yang sudah familiar di kalangan Kicau Mania adalah burung Kacer Lokal, burung Kacer Kapur dan burung Kacer Poci. Namun yang sering sekali dilombakan adalah burung Kacer Poci. Burung Kacer Poci pun paling banyak rata-rata dari pulau Kalimantan dan Sumatera”, jelasnya.

Sedang untuk ciri-ciri burung Kacer Poci yang untuk lomba, setidaknya memiliki mental yang bagus serta boby yang gagah.

“Kacer Poci untuk lomba biasanya yang memiliki mental bagus. Yang ditunjukkan dengan gelagat geraknya seakan-akan menantang lawan. Bodi burung juga berperan penting, usahakan mendapatkan body yang proposional, kepala bagian atas datar, mata besar, paruh tebal, makannya banyak dan geraknya lincah”, tambahnya.

Namun menurut Edex (panggilan akrab), kunci burung gantangan adalah rawatan harian yang konsisten dan tidak berubah-ubah.

“Semua itu kuncinya ada di rawatan harian yang secara konsisten dan tidak berubah-ubah. Sebenarnya ada pembagian karakter tentang burung Kacer Poci, yakni Kacer Poci dengan karakter Panas dan Kacer Poci dengan karakter Dingin. Untuk setingan burung Kacer Poci pada umumnya adalah pagi diberi jangkrik 7 dan pada sore hari juga 7. Pagi hari burung tetap di embunkan, lanjut kandang dibersihkan. Setelah ada sinar matahari, burung dimandikan dan cabut semua wadah pakan. Jemur 15-20 menit dan angin-anginkan”, pungkasnya.

Pewarta : Widiyo Prakoso
Editor : Firman

Ikuti Kami di :
banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.