Umbul Manten, Antara Cerita Mistis Dan Kesejukan Airnya

  • Whatsapp
Umbul
Tampak depan lokasi Umbul Manten dan tempat pemandian/doc. Widiyo Prakoso.

KLATEN, Beritategas.com – Umbul adalah aliran air yang muncul dari dalam bumi dan terus menerus. Umbul atau orang memahaminya dengan mata air alami yang muncul ke permukaan bumi adalah sebuah keberkahan dan sering orang memanfaatkannya sebagai tempat pariwisata. Begitu juga dengan Umbul Manten yang berada di Desa Sidowayah, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Tempat ini dikelola menjadi tempat pariwisata yang berlatar belakang pemandian umum, Sabtu (22/07/23).

Winarto, salah satu warga sekitar Umbul Manten menjelaskan tentang cerita dibalik umbul ini. Mulai dari sepasang pengantin yang hilang di umbul ini dan tentang kapan saja waktu yang ramai akan pengunjung di Umbul Manten.

Bacaan Lainnya

“Orang dahulu, mempelai sebelum melaksanakan pernikahan tidak diperkenankan keluar rumah. Hal ini dinamakan “dipingit” oleh warga setempat. Namun ketika mendekati hari pernikahan, kedua mempelai malah hilang. Dan ditemukan pakaiannya di umbul ini. Dari situlah umbul ini disebut Umbul Manten. Cerita ini sudah turun temurun di ceritakan oleh sesepuh-sesepuh kami”, jelasnya.

Orang tertarik akan mengunjungi umbul ini karena Umbul Manten memiliki air yang bersih dan segar. Tempatnya sendiri luas dan bersih.

“Rata-rata pengunjung yang datang kesini adalah karena airnya bersih dan segar. Lingkungannya yang luas serta bersih, hal ini menjadi salah satu daya tarik untuk pengunjung”, tambahnya.

Sedang untuk Umbul Manten ini padat dikunjungi pengunjung mendekati bulan Ramadhan dan pada hari Raya Idul Fitri.

“Pengunjung membludak dikala menjelang bulan Ramadhan, kalo orang sini menyebut kegiatan ini dengan “Padusan”. Dimana Padusan ini bertujuan bersihkan diri sebelum memasuki bulan suci Ramadhan. Selanjutnya pada hari Raya Idul Fitri, tempat ini ramai akan pengunjung. Karena tempatnya sejuk dan airnya bersih juga segar, apalagi dengan tiket yang murah, menjadikan Umbul Manten ini sebagai tempat alternatif liburan di Hari Raya Idul Fitri”, pungkasnya.

Pewarta : Widiyo Prakoso
Editor : Firman

Ikuti Kami di :
banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.