Pleci Mania Harus Tahu ! Membedakan Jenis Kelamin Burung Pleci

  • Whatsapp
Pleci
Burung Pleci berjenis kelamin jantan, berasal dari wilayah Pacitan, Jawa Timur/doc. Widiyo Prakoso

SRAGEN, Beritategas.com – Minggu kemarin, Sabtu (15/07/23) telah dijelaskan jenis-jenis dan habitat dari burung Pleci di Beritategas.com dengan judul “Pleci Mania Harus Tahu!” bagian I. Dalam kesempatan ini, Edy Prasetyo akan berbagi tips tentang membedakan jenis kelamin dari burung Pleci, Sabtu (22/07/23).

Edex (panggilan akrab) berbagi tips cara membedakan jenis kelamin Pleci. Dimana diketahui bersama, hanya burung Pleci jantan-lah yang mampu berkicau merdu dan bisa menirukan suara burung lain.

Bacaan Lainnya

“Faktor pertama kenapa kita harus memilih burung Pleci berkelamin jantan adalah dari burung Pleci berjenis kelamin jantan-lah kita dapatkan kicauan merdu. Sedang untuk burung Pleci berjenis kelamin betina hanya monotone suaranya dan tidak bisa merdu lantunan kicauannya”, jelasnya.

Membedakan jenis kelamim burung Pleci bisa dilihat dari fisiknya. Maka harus jeli dan teliti ketika beli burung Pleci di pasar burung yang masih di ombyok atau satu (1) sangkar untuk burung banyak.

“Membedakan burung Pleci bisa melalui fisik, namun persentase keakuratannya masih 60% benar dan 40% salah. Dari fisik kita bisa melihat burung Pleci jantan dominan memiliki postur panjang dan besar, sedan untuk betina biasanya lebih bulat dan posturnya pendek. Sedang dari ekor, untuk burung Pleci jantan biasanya memiliki ekor berbentuk huruf “V”, sedang untuk burung Pleci betina biasanya papak atau lurus. Untuk lingkar pada bola mata, bila burung Pleci jantan biasanya terlihat tebal dan terputus. Namun untuk burung Pleci betina, biasanya tebal dan tidak terputus”, tambahnya.

Dari beberapa hal tersebut, ada cara yang ampuh untuk memastikan jenis burung Pleci jantan. Dan nilai keakurasiannya mendekati mutlak.

“Ada cara yang ampuh dan sangat akurat untuk membedakan burung Pleci jantan atau betina. Bilamana kita membeli burung Pleci secara ombyokan, pilih menurut kategori-kategori yang sudah saya sampaikan. Selepas itu, minta izin ke penjualnya untuk memisahkan dari burung Pleci lainnya. Kemudian nyalakan “terapi Pleci” (bisa didapat di youtube), kemudian pantau dengan cermat. Bila burung Pleci tersebut mau “ngeriwik” (berkicau dengan pelan dan ada intonasi lagunya) itu bisa dipastikan jantan. Namun kalau tidak mau ngeriwik, mending cari lagi di ombyokan sampai dapat yang jantan. Selamat mencoba tips dari saya, semoga bermanfaat. Salam Kicau Mania Indonesia”, pungkasnya.

Pewarta : Widiyo Prakoso
Editor : Firman

Ikuti Kami di :
banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.