Tingkatkan Kompetensi Guru SMPN 2 Rantau Panjang Gelar In Houses Traning Workshop E-Raport dan Modul Ajar

  • Whatsapp

OGAN ILIR, Beritategas.com – Belasan Guru di SMP Negeri 2 Rantau Panjang Kabupaten Ogan Ilir ikuti In House Training (IHT) Workshop E-Raport dan Modul Ajar. Bertempat di SMP Negeri 2 Rantau Panjang Kecamatan Rantau Panjang Kabupaten Ogan Ilir.kamis (26/10/2023).

Kepala SMP Negeri 2 Rantau Panjang Drs.Arpen Yurizal mengatakan jumlah peserta guru yang mengikuti kegiatan lN Houses Traning di Sekolahnya ada 15 orang guru.

“Ada 15 orang guru yang ikut kegiatan lN Houses Traning di Sekolah kami, mereka semua adalah seluruh guru yang ada di Sekolah SMPN 2 Rantau Panjang ini. kegiatan di selenggarakan selama 4 hari ,mulai dari tanggal 24 sampai tanggal 27 Oktober 2023,” terangnya.

Lanjut Arpen, Sebagai narasumber pihaknya mengundang dari luar. Di hari pertama dan kedua kami mengundang narasumber dari SMPN 1 Tanjung Raja Yaitu Heriyanto staf di SMPN 1 Tanjung Raja.

“Dan di hari kedua kami mengundang kepala SMP N 4 Rantau Panjang, ibu Maharani Kodri. Mengapa kami memilih beliau karena ibu Maharani kodri adalah salah satu guru penggerak di kabupaten Ogan ilir. Bukan di sekolah kami saja di beberapa sekolah SMPN sekabupaten Ogan Ilir pun beliau juga di undang sebagai narasumber di acara in houses traning,” jelasnya.

Dijelaskannya, tujuan diadakannya kegiatan Workshop ini untuk meningkatkan kualitas mengajar guru dalam menerapkan kurikulum merdeka. Yang mana siswa bukan hanya diajarkan untuk materi tetapi juga mengajarkan untuk tampil, mandiri dan berani tampil. Dan bisa mengembangkan bakat mereka setelah mereka lulus dari sekolah nanti.

“Di sekolah kami saat ini mempunyai kegiatan V5, murid dianjurkan untuk memilih seperti, mengikuti sanggar tari tradisional, berwirausaha dan belajar membuat kerajinan tradisional. Mungkin untuk kelompok sanggar tari nanti kalau ada kegiatan acara bisa tampil, seperti diacara hajatan warga desa,” ungkapnya.

Harapan saya masih kata Arpen, semoga seluruh guru di SMPN 2 Rantau Panjang bisa maksimal dalam mengikuti kegiatan workshop E-Raport dan Modul Ajar ini sehingga apa yang disampaikannya nanti kepada murid mereka memang benar-benar paham, mengerti sehingga proses kegiatannya lancar.

“Untuk para murid saya berharap kedepannya bisa bersaing dengan sekolah lain dalam bidang prestasi dan bisa mengharumkan nama baik sekolah,” ujarnya.

Sementara itu kepala sekolah SMP N 4 Rantau panjang Maharani kodri, sebagai narasumber di kegiatan tersebut mengatakan bahwa akan memberikan praktek yang baik.

“Saya akan mengajarkan cara membuat dan mengelola. Dari pencapaian pembelajaran turun menjadi ke tujuan pembelajaran menjadi alur tujuan pembelajaran menjadi Modul Ajar. Yang akan kami pergunakan dalam mengajar di dalam kelas implementasi kurikulum merdeka nanti. Dari tahap awal ke tahap berkembang dan insya Allah guru-guru SMPN 2 Rantau Panjang ini bisa membuat Modul Ajar ketahap siap,” jelasnya.

“Saya berharap semoga seluruh guru -guru di SMPN 2 Rantau Panjang bisa meningkatkan kompetensinya dalam mengembangkan modul Ajar sendiri sesuai kebutuhan siswanya sendiri. Insya Allah kalau inpit guru kompetensinya tinggi akan menghasilkan out put murid yang baik,” imbuhnya.

Pewarta : Rosita
Editor : Firman

Ikuti Kami di :
banner 300x250banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.