Tim Mahasiswa UNJA Borong Juara di Lombok Essay Competition 2024

  • Whatsapp

JAMBI, Beritategas.com – Kembali mahasiswa Universitas Jambi (UNJA) mengukir prestasi ditingkat nasional. Tiga tim mahasiswa yang telah mengharumkan nama UNJA dikancah nasional, diantaranya 2 tim diwakili mahasiswa Fakultas Pertanian (FAPERTA) dan 1 tim dari Fakultas Sains dan Teknologi (FST).

Mereka sukses mengukir prestasi berlaga dalam ajang ‘Lombok Essay Competition (LEC 3)’ yang diselenggarakan oleh FAPERTA Universitas Gunung Rinjani (UGR)‘ pada 9-10 Maret 2024.

Bacaan Lainnya

Humas UNJA Mochammad Farisi, SH MH kepada Beritategas.com menjelaskan, “LEC merupakan wadah bagi mahasiswa dalam mengasah softskill, nalar kritis, problem solver, dan yang paling penting ialah melahirkan mahasiswa yang kreatif dan inovatif. Kegiatan tersebut merupakan hasil kerja sama dengan Komunitas Ruang Inovasi dan Karya Ilmiah (RISKI)”, tuturnya.

Ditambahkan Farisi, raihan 3 tim FAPERTA UNJA tersebut terdiri dari:
– Tim 1 : Julisa dan Nazwa Semi Rahmanita (Silver Medal),
– ⁠Tim 2 : Vidi Mugi Prayogi, Hamita Ababil, M Rais, Nofitri Yani, dan  Erika Besty Br Barus (Silver Medal),
– ⁠Tim 3 : Rangga Dwi Putra dan Chindy Mariana Simanjuntak (Bronze Medal dan Favorite Poster)
Kemudian Mochammad Farisi mengungkapakan, Julisa sebagai perwakilan tim menjelaskan beberapa hal terkait keikutsertaan tim FAPERTA UNJA dalam ajang tersebut, mulai dari persiapan, proses latihan, hingga judul yang diangkat untuk dilombakan.

“Mereka per tim melakukan pembuatan poster dan esai, lalu mempersiapkan PPt, dan video. Selanjutnya melakukan latihan presentasi poster dan esai untuk dinilai langsung oleh juri pada hari perlombaan,” ujarnya.

Julisa sebagai mahasiswa FAPERTA UNJA berharap dengan keberhasilannya membawa medali dan piala karya-karya mahasiswa sebagai anak bangsa dapat direalisasikan.

“Harapan saya sebagai mahasiswa  setelah event ini semoga karya-karya anak bangsa segera direalisasikan dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari sehingga Suistainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang diharapkan pun dapat tercapai,” harapnya.

Julisa juga menjelaskan apa saja judul yang diangkat dalam ajang LEC 3 tersebut.

Tim 1 menulis esai dengan judul ‘Pemanfaatan Limbah Kulit Durian menjadi Karbon Aktif sebagai Alternatif untuk Menjernihkan Minyak Jelantah Guna Mendukung Kondisi Ramah Lingkungan’.
Tim 2 menulis esai dengan judul ‘Pemanfaatan Lalat Black Solidier Fly (BSF) dalam Biokonversi menjadi Pupuk Organik Kasgot: Solusi Inovatif untuk Mitigasi Kenaikan Harga Pupuk’.
Serta tim 3 menulis esai dengan judul ‘Geothermal for Sustainable Renewable Energy (Geo-Sure): Inovasi Teknologi Listrik Hijau dari Panas Bumi dengan Menggunakan Metode Geokimia dalam Menghadapi Persaingan Global’.
Dekan FAPERTA UNJA, Prof. Dr. Ir. Suandi, M.Si., mengucapkan selamat atas pencapaian mahasiswanya dan berharap prestasi yang diraih dapat mendorong mahasiswa memiliki semangat dan inovasi mengembangkan entrepreneurship yang menjadi visi FAPERTA UNJA.

“Terus pacu semangat dan kembangkan prestasi yang telah diraih,” pungkasnya.

Kunjungi : www.unja.ac.id.

Pewarta : A.Erolflin
Editor : Firman

Ikuti Kami di :
banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.