Rekomendasi Bermacam- Macam Kuliner Sehat Kota Solo

  • Whatsapp
Kuliner
Istimewa

KOTA SOLO, Beritategas.com – Kota Solo dijuluki sebagai kota surganya kuliner. Hal ini dikarenakan banyaknya pilihan kuliner yang bisa kita cicipi jika berkunjung ke Solo.

Seperti sate buntel, selat solo, serabi, soto, dan lain-lain. Semua kuliner lezat tersedia di kota ini.

Bacaan Lainnya

Tapi tahukah kamu? Bahwa selain memiliki kuliner yang lezat, Kota Solo juga memiliki kuliner yang menyehatkan lho.

Berikut beberapa rekomendasi makanan lezat nan sehat yang wajib kamu coba jika berkunjung ke Kota Solo.

Selat Solo
Kuliner yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi di mata para wisatawan yang pernah berkunjung ke Solo.

Selat solo bisa dikatakan kuliner yang sehat karena tidak mengandung santan dan tidak banyak mengandung minyak dan gula. Selain terdapat banyak sekali sayuran yang disajikan bersama dengan selat solo.

Kuah segar dan rasanya yang khas membuat kuliner ini digemari banyak kalangan. Tak hanya enak, selat solo juga banyak mengandung gizi serta menyehatkan.

Wedang asle
Merupakan minuman tradisional yang menggunakan santan sebagai bahan dasarnya. Wedang asle disajikan pada sebuah mangkuk kecil, lalu diberi toping seperti ketan putih, potongan agar-agar, irisan roti tawar dan sedikit gula pasir.

Sebelum disajikan, toping ini kemudian akan disiram kuah santan hangat yang gurih dan enak.

Wedang ini disajikan dalam kondisi masih panas hingga hangat. Manfaat dari wedang asle yaitu dapat membantu mengobati batuk, masuk angin, melancarkan pencernaan, dan juga mencegah penyakit kanker.

Tahok
Merupakan salah satu makanan tradisional Kota Solo yang memiliki tekstur lembut seperti bubur sumsum.

Makanan ini biasa disajikan dalam keadaan hangat bersama dengan kuah dari olahan jahe, pandan, garam, daun jeruk, dan serai.

Tahok memiliki rasa yang mirip dengan susu kedelai tawar yang berbentuk padat, sementara kuahnya memiliki citarasa manis dan pedas khas jahe yang menghangatkan.

Tahok dinilai menyehatkan karena terbuat dari kedelai yang bermanfaat sebagai sumber kalsium sehingga dapat memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis.

Selain itu kuliner ini cocok untuk diet karena dapat membantu menurunkan berat badan serta mengurangi obesitas.

Brambang Asem
Merupakan makanan tradisional khas Solo yang terbuat dari daun ubi jalar dan disajikan bersama dengan tempe gembus.

Daun ubi jalar yang sudah direbus hingga matang kemudian disiram dengan sambal khusus yang memiliki citarasa manis, pedas, menyegarkan.

Minuman segar yang bikin badan hangat dan sehat Wedang Dongo
Dulunya merupakan minuman khusus untuk keluarga kerajaan saja. Akan tetapi seiring perkembangan zaman, wedang ini bisa dinikmati oleh masyarakat luas.

Bahan utama yang digunakan dalam wedang dongo adalah air jahe dan juga ronde. Air jahe dibuat dari jahe yang sudah di keprok (dipukul-pukul) kemudian direbus bersama dengan gula jawa dan daun serai. Wedang dongo disajikan bersama dengan kolang-kaling, kacang tanah dan tentunya ronde.

Inilah beberapa rekomendasi kuliner sehat yang bisa kamu temukan jika berkunjung ke Kota Solo, Minggu (4/12/2022), Kuliner-kuliner tersebut bisa kamu jadikan opsi jika kamu sudah bosan dengan makanan berlemak dan manis lainnya. Selain itu, kuliner-kuliner tersebut bisa kamu jadikan sebagai referensi makanan diet yang menyehatkan.

Pewarta : Dwi Nurbiyanto
Editor : Firman

Ikuti Kami di :
banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.