Rakor Bersama, Satukan tekad Tanggulangi Karhutla

  • Whatsapp
Rakor

BATURAJA, Beritategas.com – Pemerintah Kecamatan Baturaja Timur menggelar rapat koordinasi (Rakor) siaga darurat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kecamatan Baturaja Timur tahun 2023.

Rakor bersama digelar di ruang rapat Kantor Camat Baturaja timur, Selasa (17/10/2023). Hadir pada Rakor itu Danramil Kota Baturaja Kapten CPL Suwigyo, kapolsek Baturaja Timur AKP Heryanto, Damkar, BPBD,DLH, Kepala UPTD Puskesmas se Baturaja Timur, sekcam Baturaja timur, Lurah,kepala Desa dan Undangan lainnya.

Bacaan Lainnya

Camat Baturaja Timur, Yoyin Arifianto.AP.M.Si mengatakan rapat koordinasi ini untuk menyatukan tekad bersama, dalam upaya menanggulangi terjadinya Karlahut di Kecamatan Baturaja Timur.

“Kita (Forkopimcam) satukan tekad untuk menanggulangi terjadinya Karlahut,” kata Yoyin pada Rakor Siaga Darurat Karlahut.

Camat mengharapkan pemilik lahan kosong yang di Kecamatan Baturaja Timur,dalam hal ini melalui ketua RT dan RW ikut berpartisipasi untuk mendata agar tidak terjadi kebakaran lahan serta penanggulangan Karlahut.

Disampaikan Camat, pihaknya akan membuat edaran untuk jangan ada warga membakar lahan dan kepada seluruh komponen mari bersinergi seluruh masyarakat dan stakeholder.

“Mengimbau kepada pemilik lahan melalui ketua RT RW untuk mendata agar tidak terjadi kebakaran lahan. Selanjutnya kepada masyarakat agar kurangi kegiatan di luar rumah jika tidak perlu kali. Jika pun penting keluar rumah maka biasakan menggunakan masker,” ajaknya.

Sementara, Danramil Kota Baturaja Kapten Suwigyo mengatakan Babinsa TNI bersama Bhabinkamtibmas Polri sering melaksanakan patroli Karlahut bersama, serta melakukan sosialisasi Karlahut ke masyarakat, dan patroli harus ditingkatkan.

Selain itu, Danramil mengimbau Camat dan Lurah untuk mendata daerahnya yang diindikasi rawan terjadi Karlahut, dan segera menyampaikan imbauan kepada masyarakat.

“Siapapun itu tidak boleh membakar lahan dan hutan,” tegasnya.

“Kasihan melihat masyarakat kita jika tertangkap melakukan pembakaran lahan dan hutan. Untuk itu, saya mengharapkan seluruh instansi dapat melakukan pencegahan Karlahut,” pungkasnya.

Pewarta: Rudi Hartono
Editor : Riatama

Ikuti Kami di :
banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.