Polres Magelang Gelar Pasukan Satuan Tugas Penanganan Karhutlah

  • Whatsapp
Karhutlah

MAGELANG, Beritategas.com – Polreta magelang, Polda Jawa Tengah Gelar Pasukan dalam rangka penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutlah) di Lapangan Taman Nasional Ginung Merapi (TNGM) yang berlokasi di Jurang jero Srumbung Kabupaten Magelang, Kamis (24/08/2023).

Kegiatan gelar pasukan dihadiri Kapolresta Magelang Kombes Pol, Ruruh Wicaksono S.I.K.SH.M.H. dan Komandan Kodim 0705 Magelang LetkolI infantri Jarot Susanto,SH M.S.i diwakili oleh Asisten 1 Bambang Hermanto S.STP. Kepala BPBD Kabupaten Magelang, kasat Pol PP, para pejabat dari bebrapa instansi, Damkar, Polhut dan Masyarakat peduli api.

Bacaan Lainnya

Dalam pelaksanaan apel dipimpin langsung oleh 3 (tiga) Instansi, yaitu Kapolresta Magelang, Komandan Kodim 0705 Magelang serta Bupti Magelang diwakili oleh Asisten 1.

Dalam sambutanya Kapolresta Magelang menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kordinasi kebakaran hutan dan lahan maka Kapolresta Magelang gelar pasukan secara taktis dan terkordinasi.

“TNI dan Polri bila mengetahui ada potensi kebakaran akan selalu siap membantu untuk memadamkanya dengan bekerjasama instansi lain dan jika ada yang dengan sengaja melakukan pembakaran maka akan menurunkan penyidik untuk melakukan pemeriksaan guna penyidikan lebih lanjut,” jelasnya.

Komandan Kodim 0705.Magelang juga menyampaikan bahwa sinergitas harus di kedepankan untuk dapat mengatasi dan mencegah kebakaran.

“Ini merupakan ini kegiatan sosial untuk menjaga keamanan dan kami harapkan kerjasama dari semua pihak agar kegiatan antisipasi ini dapat berjalan aman dan lancar,” ungkap Letkol Jarot Susanto.

Asisten1 mewakili Bupati Magelang juga turut menambahkan jika kemarau sudah mau mencapai puncaknya sehingga bahaya sudah ada di depan mata.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan yang di inisiasi oleh Bapak Kapolresta Magelang dan Muspida ini, bahwa kebakaran hutan merupakan tanggung jawab kita bersama bukan hanya pemerintah”, terangnya.

Asisten 1 membacakan sambutan Bupati Magelang, jika saat ini sedang ada anomali positif dan akan berdampak kekeringan dan termasuk kebakaran hutan dan lahan, kkami berharap seluruh elemen untuk melakukan kerja sama dan bisa bekerja dengan lebih optimal serta untuk para personil dan alat bisa siap jika ada potensi bencana.

Dalam gelar pasukan tersebut, para anggota dari berbagai lembaga seperti TNI Kodim 0705 Magelang, Polri Polresta Magelang, ƁPBD, Satpol PP dan Damkar berkolaborasi dengan sinergi, masyarakat peduli api juga ikut berperan kolektif terhadap pentingnya menjaga lingkungan dari ancaman kebakaran.

Kapolresta Magelang menambahkan bahwa gelar pasukan ini adalah langkah konkret dalam memastikan koordinasi yang efektif serta respons cepat dalam menghadapi situasi kemarau ini.dan juga menghimbau kepada masyarakat untuk senantiasa menjaga kebersihan dan tidak melakukan aktivitas yang dapat memicukebakaran di daerah rawan.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan sinergi antar instansi dan partisipasi aktif masyarakat dapat semakin di tingkatkan sehingga potensi terjadinya kebakaran hutan dan lahan dapat di minimalkan, ” tegas Kombes Pol Ruruh Wicaksono.

Setelah selesai kegiatan gelar Pasukan di laksanakan dan sesi foto bersama dan pengecekan alat pendukung penanganan hutan dan lahan.

Pewarta: Bambang kuntono
Editor : Firman

Ikuti Kami di :
banner 300x250banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.