PLH Bupati OKU Bagikan Sapi Qurban

  • Whatsapp
PLH Bupati OKU serahkan Bantuan sapi qurban

BATURAJA, – (Beritategas) -;Plh Bupati OKU Drs. H. Edward Chandra, M.H., Melaksanakan Sholat Idul Adha 10 Dzulhijjah 1442 Hijriah Bersama Forkopimda OKU di Pendopo Belakang Rumah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU). Selasa ( 20/07/2021).

Bertindak selaku imam sholat ied adalah H. Jauhari, SE dan Khotib H. Rahmat Subekhi.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya Plh Bupati OKU Drs. H. Edward Candra, M.H., menyampaikan meskipun masih dalam kondisi pandemi Covid-19 namun kiranya tidak mengurangi kekhusyukan kita beribadah dan tetap mensyukuri hikmah suasana Hari Raya Idul Adha.

“Walaupun sesungguhnya tahun ini merupakan tahun yang sangat berat bagi umat Islam di seluruh dunia khususnya muslim Indonesia karena tidak bisa melaksanakan rangkaian ibadah haji karena wabah Covid-19, Namun kita tetap wajib mengagungkan Asma Allah, kita Gemakan takbir, tasbih dan tahmid sebagai pernyataan dan pengakuan atas keagungan Allah SWT,” katanya.

Lanjutnya, di samping Idul Adha dinamakan hari Raya Haji juga dinamakan “Idul Qurban”, karena merupakan hari raya yang menekankan pada arti berkorban. Qurban itu sendiri artinya dekat, sehingga dengan semangat qurban, kita menyembelih hewan ternak untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

“Dalam konteks kehidupan saat ini, pengorbanan secara nyata dapat diaktualisasikan dalam bentuk keikhlasan dan ketulusan kita dalam menjalankan kehidupan, dalam menampilkan pengabdian terbaik bagi masyarakat dan bangsa, serta ikhlas dalam menerima semua kehendak Allah,” ujarnya.

Lanjut dikatakannya, manifestasi Qurban harus mampu menjadi landasan itikad pengertian karir, landasan niat untuk terus memberikan manfaat bagi kehidupan orang lain, serta landasan komitmen kebersamaan untuk membangun kemaslahatan umat dan masyarakat.

Dalam suasana Idul Adha 1442 Hijriah sudah seharusnya kita senantiasa melakukan perubahan sikap, pembaharuan pola pikir, dan penguatan komitmen untuk memberikan pengabdian terbaik bagi kepentingan umat, dan selalu mengevaluasi tingkat ketakwaan kepada Allah SWT.

“Selain itu, perlu dipahami bahwa banyak hikmah Hari Raya Qurban yang patut kita petik yakni mengarah pada peningkatan makna kehidupan peningkatan nilai diri dan pembersihan jiwa dan nurani,” imbuhnya.

Sementara itu H. Rahmat Subekhi dalam khotbahnya menyampaikan makna vertikal dengan berqurban maka semakin mendekatkan kita pada Allah SWT.

“Makna Horizontal dengan berqurban, kita dapat berbagi sesama manusia terlebih kita sedang dalam keadaan pandemi Covid-19,” tuturnya.

Acara dilanjutkan penyerahan hewan Qurban dan penyembelihan hewan Qurban bertempat di belakang Rumah Dinas Bupati OKU.

Plh Bupati OKU menyerahkan sapi Qurban atas nama Forkopimda OKU kepada pengurus Masjid Ash Sholihin Pasar Atas Baturaja, disamping itu Plh Bupati OKU juga membagikan dua ekor sapi Qurban di dua lokasi, Satu sapi di Desa Air Paoh tempat tinggalnya, dan satu sapi dipotong di belakang Rumah Dinas Bupati OKU.

Edward Candra mengatakan,”syukur alhamdulillah, Idul Adha tahun ini bisa berkurban tiga ekor sapi,” ucapnya.

Dirinya masih sempat melihat proses penyembelihan hewan Qurban di belakang Rumah Dinas Bupati OKU.

Plh Bupati OKU berpesan,”semaksimal mungkin panitia harus perhatikan protokol kesehatan dan menghindari kerumunan saat penyembelihan hewan Qurban,” harapnya.

Reporter : Rudi Hartono
Editor : Firman

Ikuti Kami di :
banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.