Peduli, Dandim 0404/Muara Enim Himbau Waspada dan Keselamatan Bagi Warga Terdampak Banjir

  • Whatsapp

MUARA ENIM, Beritategas.com – Tingginya intensitas curah hujan yang membuat dua desa terdampak banjir terendam dengan sejumlah Kepala (KK) atau penduduk di Desa Tanjung Raja dan Desa Karang raja Kecamatan kota Muara enim Sumatera Selatan.

Dari lokasi kejadian, Komandan Kodim 0404/Muara Enim didampingi Tim BPBD dan TNI Polri, Camat Tanjung Enim turun ke lokasi terdampak dan dikerahkan di seputaran kecamatan Tanjung Enim dan sebagian di Muara enim.

Bacaan Lainnya

Kecamatan Tanjung Enim merupakan wilayah terdampak banjir lebih parah. Banjir yang diduga dipicu akibat intensitas hujan di hulu sungai yang terjadi pada tadi malam Rabu (22/5/2024) sekitar pukul 10.55 WIB. Ketinggian air mencapai sekitar 1 meter.

“Dampak banjir terjadi di 2 di Desa Tanjung Raja, ada 300 KK dan desa Karang Raja 100 KK, serta. Sejumlah mobil juga terendam di bengkel ada 14 mobil, Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini,” Sebut Komandan Kodim 0404/Muara Enim, Letkol Inf Nugraha SH MIP, Kamis (23/5/2024).

Banjir sekitar 50 Cm juga berdampak pada 1 Masjid Jami Alfalah terendam . Selain itu, banjir juga mengakibatkan 2 fasilitas pendidikan tergenang, yakni SDN 1 dan SDN 2 serta fasilitas kesehatan berupa Pos Kesehatan Desa (Poskesdes).

Tim BPBD Muara Enim, lanjutnya, sudah melakukan observasi lapangan untuk koordinasi dengan pemerintah setempat. Dia mengaku pihaknya mengalami kendala terkait akses lokasi yang terdampak banjir. Sehingga, pengiriman logistik berupa bantuan juga masih terbatas.

Evakuasi warga yang lanjut usia, anak-anak dan lainnya masih dilakukan. Peninjauan lokasi terdampak juga di damping Plt Camat kota Muara Enim Husni Thamrin. S, E. Msi, didampingi kades,Tj.raja , Babinsa wilayah serta Babinkamtibmas.

Dalam peninjauan lokasi terdampak, Dandim Nugraha juga memberikan bantuan kepada warga masyarakat di sekitar lokasi yang dikunjungi dan persiapan dapur.

“Kami meminta seluruh masyarakat agar tetap waspada terhadap turunnya hujan susulan, khususnya pada malam hari. Apalagi, musim hujan masih akan terus terjadi hingga beberapa bulan ke depan, mohon untuk keselamatan mandiri misalnya selamatkan harta benda dan keluarga,” Pungkas Komandan Kodim 0404/Muara Enim , Letkol Inf Nugraha SH MIP.

Pewarta : Murdasi
Editor : Firman

Ikuti Kami di :banner 300x250banner 300x250banner 300x250
banner 300x250banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.