Pastikan Kebutuhan Pokok Tercukupi, Hani Syopiar Rustam Pimpin Rapat Evaluasi Pemantauan Pengendalian Inflasi dan Harga Menjelang Idul Fitri

  • Whatsapp

PANGKALAN BALAI, Beritategas.com – Dalam upaya menjaga stabilitas ekonomi daerah jelang Idul Fitri, Pemerintah Kabupaten Banyuasin jalankan Rapat evaluasi pemantauan pengendalian inflasi dan harga menjelang Idul Fitri. Rapat kali ini dilaksanakan diruang rapat Guest House Rumah Dinas Bupati Banyuasin, Rabu (03/04/24).

Beragam topik penting dibahas, termasuk monitoring harga barang-barang pokok di daerah, peran sektor-sektor terkait dalam menjaga stabilitas pasokan barang, serta upaya-upaya yang dapat dilakukan pemerintah daerah dalam pengendalian inflasi di setiap daerah jelang lebaran.

Bacaan Lainnya

Penjabat Bupati Banyuasin Hani Syopiar Rustam menghimbau kepada masyarakat untuk melakukan Belanja Bijak, yakni tidak panik dalam menimbun barang karena khawatir akan isu kenaikan harga. Hani S. Rustam juga menyakinkan masyarakat bahwa pemerintah terus melakukan upaya untuk menjaga harga tetap stabil dan stok kebutuhan pangan tetap terjaga.

Sebagai informasi Data kebutuhan dan ketersediaan pangan (Stok pangan) Bulan April di Kabupaten Banyuasin tahun 2024. Seperti

1. Daging ayam ras ketersediaan pangan/stok pangan daging ayam ras semua kebutuhan terpenuhi berasal dari produksi dalam Kabupaten Banyuasin serta mengalami surplus dan stok masih aman.

2. Minyak Goreng Ketersediaan pangan/stok pangan minyak goreng semua kebutuhan terpenuhi berasal dari produksi dalam Kabupaten Banyuasin (PT. SAP, PT.SPO, PT.TBL(Bumi Waras) Stok aman.

3. Gula Pasir ketersediaan pasokan berasal dari luar Kabupaten Banyuasin, berdasarkan hasil pemantauan di tingkat distributor stok sampai hari raya Idul Fitri masih aman.

4. Daging sapi ketersediaan pasokan berasal dari dalam daerah Kabupaten Banyuasin

Penjabat Bupati Banyuasin Hani Syopiar Rustam, SH dalam keterangan Menghimbau dan mengajak masyarakat untuk berbelanja bijak agar masyarakat turut andil dalam pengendalian inflasi dan ketersediaan stok pangan.

“Dengan masyarakat belanja dengan bijak Ketika kebutuhan belanja sangat konsumtif maka akan mempengaruhi suply karena permintaan akan kebutuhan semakin banyak sehingga dapat mentriger kenaikan harga kebutuhan pokok”, tegasnya.

Selain itu Trantibum Linmas yang perlu diperhatikan dalam rangka menghadapi bulan puasa dan hari raya idul Fitri ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti:

1. Stabilitas keamanan selama bulan puasa ramadhan dan hari raya Idul Fitri 1445H dapat berjalan aman, nyaman, tertib dan Lancar.

2. Kemanan dan ketertiban masyarakat terutama pada simpul-simpul tranportasi (Bandara, Terminal, Stasiun, Pelabuhan dan Jalan Raya).

3. Pengaturan terhadap pasar tumpah, agar tidak menimbulkan arus kemacetan.

4. Sinergi antar forkopimda dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan terhadap gangguan Trantibumlinmas dan kejadian bencana barang.

5. Pemantauan situasi lapangan dan bertemu dengan tokoh masyarakat dan tokoh agama untuk mengajak masyarakat tetap menjaga Trantibumlinmas pelaksanaan ibadah di bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri 1445H agar dapat berjalan dengan aman dan damai serta Khidmat.

“Indeks perkembangan harga 3 bulan terakhir 2024 di Minggu ke 4 terus mengalami penurunan baik cabai merah, daging ayam ras, telur ayam ras”, tutupnya.

Pewarta: Maisaroh
Editor : Firman

Ikuti Kami di :
banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.