Libur Telah Tiba, Ayo Tamasya Religi ke Masjid Cheng Hoo Jambi

  • Whatsapp
Masjid Cheng Hoo Jambi
Masjid Cheng Hoo Jambi

JAMBI, Beritategas.com – Libur telah tiba, libur telah tiba hore, hore, hore simpanlah tas dan bukumu lupakan keluh kesahmu libur telah tiba, libur telah tiba hatiku gembira! Demikian bunyi lirik lagu penyanyi cilik Tasya Kamila yang lagu ini liriknya jadi anthem banget sama kita waktu masih anak-anak. namun sampai saat ini masih relevan dengan keadaan.

Masa liburan sekolah telah dimulai, anak-anak menunggu tawaran orang tua untuk tamsya ke suatu tempat yang belum pernah di datangi, atau mungkin mengulang karena mempunyai historis tersendiri. Untuk itu bagi orang tua yang bekerja tentu akan mengambil cuti terlebih dahulu agar liburannya lebih nyaman.

Bacaan Lainnya

Sebagaimana kita ketahui bahwa aktivitas sehari-hari yang dilakukan secara terus-menerus dapat membuat seseorang bosan dengan keadaan. Bukannya semakin semangat, aktivitas membosankan yang terus diulang dapat menurunkan tingkat konsentrasi dan fokus dalam bekerja.

Rutinitas yang begitu padat membuat sebagian orang memilih berlibur untuk menyegarkan pikiran. Berlibur bersama keluarga misalnya, menjadi pilihan yang tepat untuk menghilangkan penat. Tak hanya itu saja akan ada banyak manfaat yang diperoleh ketika berlibur bersama keluarga. Penasaran dengan berbagai manfaat berlibur bersama keluarga? Yuk, simak uraiannya!

Mengukir kenangan indah

Berlibur bersama keluarga sangat menyenangkan. Kebersamaan yang tercipta membuat kenangan semakin berwarna. Momen indah berlibur bersama keluarga sangat melekat dalam ingatan. Uang bisa dicari tapi kebersamaan bersama keluarga sulit untuk dibeli. Bawa bekal dari rumah tentu dapat mengerem pengeluaran.

Maka, jangan pernah sia-siakan keberadaan mereka. Jangan segan untuk memberi apapun yang bisa diberi, termasuk waktu untuk mereka. Menghabiskan waktu bersama keluarga merupakan kesempatan untuk mengasihi mereka.

Menghilangkan stres

Pekerjaan yang menumpuk, tugas sekolah yang begitu banyak, serta deadline lain yang menunggu untuk dikerjakan, terkadang membuat tertekan. Atasi stres dengan berlibur sebentar untuk mengembalikan energi.

Energi yang positif akan menghasilkan aktivitas yang produktif. Menghilangkan stres juga bermanfaat untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi dalam bekerja. Nyatanya, setelah berlibur seseorang akan merasakan senang dan enjoi.

Lebih terbuka dan akrab

Perbedaan aktivitas antara orang tua dan anak banyak menyita waktu kebersamaan. Bahkan tidak jarang komunikasi yang terjalin sangat kurang. Lebih lagi jika tidak ada usaha saling membangun interaksi satu sama lain.

Hal tersebut dapat menimbulkan dampak yang signifikan pada individu atau kelompok. Misalnya jika komunikasi tidak berjalan dengan baik, akan menimbulkan konflik. Hindari jika tidak ingin hubunganmu bersama keluarga jadi tidak harmonis.

Salah satu cara mengatasinya ialah berliburlah bersama keluarga. Dengan begitu, seseorang akan menghargai arti sebuah kebersamaan dari suatu perjalanan yang dilalui bersama. Keluarga menjadi lebih akrab dan saling terbuka.

Memperluas wawasan

Dengan pergi ke tempat-tempat baru, akan menambah pengalaman dan wawasan seseorang. Mulai dari perencanaan, persiapan, perjalanan, berkunjung ke destinasi wisata, mengatur uang dan waktu. Menjadi sebuah pelajaran berharga. Pengalaman berharga ini dapat menjadi bekal kehidupan di kemudian hari.

Mahalnya sebuah pengalaman tidak bisa ditukar dengan apapun. Apalagi jika memiliki keluarga kecil dan mempunyai anak-anak, berkunjung ke tempat yang mengedukasi sangat bermanfaat untuk menambah wawasan dan pengetahuan. Atau membawa anak-anak berlibur ketempat nenek dikampung.

Meningkatkan rasa bahagia

Nyatanya, mengajak keluarga berlibur bersama sangat sulit dilakukan jika tidak benar-benar mau meluangkan waktu bersama dikarenakan kesibukan masing-masing anggota keluarga. Sudah terlalu sering bertemu dengan rekan kerja atau teman sekolah ketimbang bersama keluarga. Maka dari itu, sesekali luangkan waktu untuk menciptakan kebahagiaan bersama keluarga.

Selain menghilangkan kepenatan, manfaat berlibur bersama keluarga ialah menambah kebahagiaan. Tidak perlu pergi jauh-jauh, berlibur di taman kota saja dapat merefresh diri dan meningkatkan kebahagiaan.

Menghabiskan waktu berlibur bersama keluarga sama saja mengukir momen-momen indah bersama mereka. Seperti lirik lagu keluarga cemara, harta yang paling berharga adalah keluarga. Jadi, segeralah bahagiakan orang-orang yang kamu sayangi dengan meluangkan waktu dan berlibur bersama.

Tempat yang dipilih tentu tidak perlu yang wah, membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Bagi pembaca Beritategas.com apabila berada di Kota Jambi salah satu destinasi wisata yang kami rekomendasikan adalah mengunjungi Masjid Muhammad Cheng Hoo juga dikenal sebagai Masjid Laksamana Cheng Hoo.

Masjid ini menyerupai sebuah kuil (rumah ibadah Tri Dharma). Masjid didominasi warna merah, hijau dan ornamen yang menunjukkan adanya pengaruh Cina.

Mengunjungi masjid Cheng Hoo Jambi bersama keluarga anda tidak perlu merogoh kocek dalam dalam, berbiaya murah, anda tidak perlu membayar tiket masuk, waktu panjang.

Sesampai di Masjid Cheng Hoo anda silakan berwuduk dan tunaikan sholat sunnat duha, atau sholat wajib. Kalau anda datang bertepatan dengan masuknya waktu sholat wajib anda bisa sholat berjamahan.

Masjid Laksamana Cheng Hoo Jambi berlokasi di kelurahan Kenali Asam Bawah, Kecamatan Kota Baru, Kota Jambi. Sekitar 700 meter dari jalan lintas ramai.

Bagi pembaca yang akan berwisata religi, kami rekomendasi untuk berkunjung ke masjid Laksamana Cheng Hoo, bisa beristirahat, beribadah, maupun berswafoto.

Masjid yang terletak di Jl. Ibrahim Ripin, Kenali Asam Bawah, Kec. Kota Baru, Kota Jambi, Jambi saat kita berada di dalamnya terasa adem ayem.

Hal diungkapkan seorang pengunjung, Andi Najemi. Sejuk saat kita berada di dalamnya. ”Bagi yang belum berkunjung, sempat-sempatkan mampir ke Masjid Laksamana Cheng Ho Jambi” libur dapat, ibadah dapat., ujar Andi.

Dari beberapa refrensi, “Laksamana itu artinya pangeran atau panglima, sedangkan Cheng Hoo itu nama daripada ulama dari kalangan China yang termasyhur, dia itu di kampung Yunan yang kebanyakan muslim. Masjid Cheng Hoo Jambi didirikan tahun 2012.

Kemudian Masjid tersebut baru dibuka tepat pada perayaan Tahun Baru Imlek pada hari Jumat, 12 Februari 2021.
Dapatkan info-info lainnya di Beritategas.com
Selamat berlibur

Pewarta : A. Erolflin
Editor : Firman

Ikuti Kami di :
banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.