Lestarikan Budaya Nugal Padi, Satgas Yonif 144/JY Bantu Warga

  • Whatsapp
Anggota satgas bantu warga Nugal padi

SINTANG, – Beritategas.com – Anggota Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 144/JY melaksanakan Nugal Padi bersama warga Dayak dusun Sungai Enteli desa Neraci Jaya Kecamatan Ketungau Hulu Kabupaten Sintang Kalimantan barat (Kalbar).

Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Letkol Inf Andri Suratman dalam keterangan tertulisnya di Pos Kotis Badau.Rabu (20/10) mengatakan, memasuki musim penghujan seperti sekarang ini, Warga Dayak Tobak melaksanakan tradisi Nugal Padi yang sudah dilakukan secara turun temurun dari generasi ke generasi yang dilakukan oleh nenek moyang mereka terdahulu.

Bacaan Lainnya

“Kami melihat tradisi itu memiliki nilai semangat gotong royong dan rasa persatuan yang tinggi” ungkapnya.

Lanjut dikatakan, anggota satgas membantu warga agar terjalin hubungan yang harmonis dan mengatasi kesulitan-kesulitan rakyat yang ada di perbatasan.

“Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian kita terhadap warga sehingga terbentuk Kemanunggalan TNI dengan rakyat”, imbuhnya.

Timan (40) warga setempat mengapresiasi bantuan yang diberikan anggota Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 144/JY.

“Terimakasih banyak atas bantuan dari bapak-bapak Satgas yang telah memenuhi undangan kami dan bersedia datang ke ladang kami”, ungkap.

“Serda M Nofik dan empat rekannya saling bekerjasama dengan warga dalam kegiatan Nugal Padi bersama warga Dayak, mulai dari menabur benih padi ke dalam lobang dan menancapkan tongkat kayu ke tanah”, ujarnya.

Kegiatan ini berjalan dengan lancar, sudah tradisi Warga Dayak dalam memenuhi kebutuhan pokok seperti padi dengan cara Nugal Padi di lahan kosong yang sudah dibersihkan.

Sumber : Pen Yonif 144/JY
Editor : Firman

Ikuti Kami di :
banner 300x250banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.