Kusumo Manunggal Roso Mendapat Undangan Grebeg Suro dari Petilasan Kraton Pajang

  • Whatsapp

SUKOHARJO, Beritategas.com – Dalam rangka memperingati datangnya bulan Suro atau 1 Muharam, Petilasan Kraton Pajang mengadakan kegiatan “Gantos Song-Song Agung Pajang dan Kirab Budaya”. Kegiatan ini dilaksanakan di Petilasan Keraton Pajang yang beralamat di Dukuh Sonojiwan, Desa Makamhaji, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Sabtu (06/07/24).

Organisasi Kusumo Manunggal Roso trah Sultan Hadiwijaya makam Butuh yang diketuai oleh Rudi Isdarmanto dan di dampingi Andun Jaelani selaku Pengawas, Kusnoto selaku Wakil ketua bidang Pembangunan, Asrori Sulistyanto selaku Wakil ketua bidang Keamanan serta Den Bagus Dio selaku Wakil ketua bidang Humas mendatangi acara tersebut.

Raden Bambang Sridaya, SE selaku Pengasuh paguyuban pelestari petilasan Kraton Pajang menjelaskan bahwa kegiatan ini adalah kegiatan rutin tahunan.

“Kegiatan grebeg Suro ini adalah kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Kegiatan ini sebagai penanda kepada masyarakat bahwa di tempat petilasan ini dulu berdiri keraton yang memiliki nama besar”, jelas Bambang.

Sementara Slamet Riyadi, SH selaku sekretaris kegiatan Grebeg Suro menyampaikan keinginannya untuk saling menyatukan anak keturunan Sultan Hadiwijaya.

“Keinginan kami adalah antara Pajang dan Butuh selalu bisa beriringan dalam setiap kegiatan. Bisa saling menjaga kerukunan, karena tidak dipungkiri bahwa Pajang dan Butuh adalah berhubungan secara historis”, tambah Slamet.

Sementara itu Rudi Isdarmanto menyambut baik undangan yang disampaikan ke Organisasi Kusumo Manunggal Roso trah Sultan Hadiwijaya makam Butuh dari Pengasuh paguyuban pelestari petilasan Kraton Pajang.

“Kami menyambut baik kegiatan ini dan kami bersyukur atas jawilan dari Pengasuh paguyuban pelestari petilasan Kraton Pajang. Kedepannya diharapkan bisa berkolaborasi dalam kegiatan apapun termasuk kegiatan yang berunsur seni dan budaya”, pungkas Rudi.

Pewarta : Widiyo P
Editor : Firman

Ikuti Kami di :banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250
banner 300x250banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.