Keren! Mahasiswa FST UNJA Raih Beasiswa Riset Internasional ke Newcastle Universitay, Inggris

  • Whatsapp

JAMBI, Beritategas.com – Jobin Armando Hutapea, Mahasiswa Program studi Kimia angkatan 2021 Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Jambi (UNJA), berhasil menjadi penerima beasiswa Royal Society of Chemistry International Accreditation Student Research Bursary 2024, pelaksanaanya akan di mulai pada 01 Juli – 06 September 2024 atau selama 10 Minggu.

Royal Society of Chemistry International Accreditation Student Research Bursary 2024 adalah program beasiswa yang diselenggarakan oleh Royal Society of Chemistry untuk mendukung penelitian mahasiswa di bidang kimia yang memiliki potensi internasional.

Program ini bertujuan untuk mendorong kolaborasi dan inovasi di antara para mahasiswa kimia di seluruh dunia.
Jobin Armando Hutapea akan melakukan penelitian di Newcastle University, United Kingdom (UK) dengan Dosen Pembimbing Indra Lasmana Tarigan, S.Pd.,M.Sc (Kimia Universitas Jambi), dan Dr. Lee Higham (Newcastle University, UK).

Jobin Armando Hutapea menceritakan awal mengikuti penerimaan Royal Society of Chemistry International Accreditation Student Research Bursary 2024.

“Awalnya saya mencari informasi dari website prodi dan website RSC, ternyata ada penerimaan untuk tahun ini dan pihak RSC mengirimkan email bahwa ada program ISRB 2024, kemudian saya mengikuti penerimaan tersebut pertama hanya karena penasaran dengan laboratorium diluar negri, namun saya sangat minat dalam perkembangan molekul yang memancarkan fluoresensi dan menargetkan organel tertentu, seperti mitokondria, dan informasi mengenai non-bedah tentang kesehatan,” ujarnya. Jumat (22/3).

Jobin juga menyampaikan tantangan yang dihadapi selama mengikuti penerimaan tersebut.

“Tantangan utamanya yaitu pembuatan project, karena hanya diberi max 700 kata dengan waktu yang cukup singkat dan mepet deadline, tantangan kedua yaitu pada saat mengirimkan email ke supervisor di UK, sempat pesimis tidak ada jawaban, namun ternyata mendapat jawaban dan respon yang baik dari supervisor tersebut,” ungkap Jobin Armando Hutapea.

Kedepannya ia berharap semoga program ini semakin berkembang dan terus berlanjut, khususnya untuk Prodi Kimia semoga setiap tahunnya akan ada mahasiswa yang diterima di Royal Society of Chemistry International Accreditation Student Research Bursary.

Indra Lasmana Tarigan, S.Pd., M.Sc selaku Dosen pembimbing Prodi Kimia UNJA mengucapkan rasa syukur atas pencapaian mahasiswanya.

”Program Studi Kimia UNJA sebagai bagian dari Prodi yang terakreditasi RSC dan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti Program Penelitian dan berkesempatan melakukan penelitian di kampus-kampus terbaik di Inggris. Kami bersyukur tahun ini salah satu mahasiswa Prodi Kimia UNJA atas nama Jobin lulus dan diterima dan akan melakukan Riset di University of Newcastle, dengan Topik (Fluorescent metal phosphine complexes as dual probes for biological cell imaging),” ucapnya.

Indra Lasmana turut menyampaikan harapannya yang semoga kedepannya lebih banyak mahasiswa Kimia yang bisa mendapatkan Hibah tersebut, serta mengharumkan nama Universitas Jambi, selain itu senyawa hasil risetnya juga dapat dimanfaatkan dalam identifikasi penyakit-penyakit yang berhubungan dengan sel.

Kunjungi : www.unja.ac.id.

Pewarta : A.Erolflin
Editor : Firman

Ikuti Kami di :
banner 300x250banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.