Kampanye Germas di Kartasura, Bupati Ajak Berperilaku Hidup Bersih dan Sehat

  • Whatsapp
Germas
Bupati Etik Suryani Ajak Berperilaku Hidup Bersih dan Sehat

SUKOHARJO – Beritategas.com – Mengkampanyekan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) digelar di Lapangan Ngabeyan, Kecamatan Kartasura, Minggu (27/11/2022) kemarin.

Kegiatan tersebut dihadiri langsung Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, Ketua DPRD, Wawan Pribadi, dan sejumlah pejabat Pemkab Sukoharjo.

Bacaan Lainnya

Bupati dalam sambutannya mengatakan bahwa salah satu misi pembangunan kesehatan Kabupaten Sukoharjo adalah membentuk tata kehidupan masyarakat yang berperilaku hidup bersih dan sehat, mewujudkan kualitas kesehatan lingkungan dengan mengembangkan pemberdayaan masyarakat menuju kemandirian.

“Untuk permasalahan kesehatan yang timbul saat ini merupakan akibat dari perilaku hidup yang tidak sehat ditambah sanitasi lingkungan serta ketersediaan air bersih yang masih kurang memadai di beberapa tempat,” ujarnya.

Hal tersebut sebenarnya dapat dicegah bila fokus upaya kesehatan diutamakan pada upaya promotif dan preventif dalam menumbuh kembangkan kemandirian keluarga dan masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Untuk hasil pembangunan kesehatan cukup menggembirakan,namun terobosan atau kebijakan baru dalam akselerasi program mutlak dibutuhkan. Terobosan tersebut salah satunya melalui Germas.

Tahap awal kegiatan Germas secara nasional dimulai dengan berfokus pada tiga kegiatan, yaitu melakukan aktivitas fisik 30 menit perhari, mengkonsumsi buah dan sayur, dan memeriksakan kesehatan secara rutin minimal 6 bulan sekali sebagai upaya deteksi dini penyakit.

“Ada tiga kegiatan ini dipilih karena dapat segera dimulai dari diri sendiri dan keluarga, dilakukan pada saat ini juga dan tidak membutuhkan biaya yang besar,” ujar Bupati.

Untuk mengingat betapa pentingnya pencegahan penyakit sangat tergantung pada perilaku individu yang didukung oleh kualitas lingkungan, ketersediaan sarana dan prasarana, serta dukungan regulasi hidup sehat.

Untuk itu diperlukan keterlibatan aktif secara terus menerus dari seluruh komponen bangsa, baik pemerintah pusat dan pemerintah daerah, sektor non pemerintah, maupun masyarakat untuk mengedukasi masyarakat agar berperilaku sehat melalui upaya promotif dan preventif.

“Kami berharap melalui Kampanye Germas ini menjadikan kegiatan ini sebagai momentum strategis sebagai tindak lanjut dari Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga dan membangkitkan rasa tanggungjawab bersama bahwa hidup sehat harus diawali dari diri sendiri, keluarga dan masyarakat,” ujarnya.

Pewarta : Dwi Nurbiyanto
Editor : Firman

Ikuti Kami di :
banner 300x250banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.