Kabupaten Kendal Menuju Kabupaten Kota Kreatif

  • Whatsapp

KENDAL, Beritategas.com – Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Kendal berhasil mengumpulkan 60 pelaku ekonomi kreatif selama dua hari pada Senin dan Selasa, 27-28 November 2023. Acara bertujuan untuk mengisi Sistem Informasi Ekonomi Kreatif (Si Borang) dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenpar Ekraf), sebagai langkah awal untuk menjadikan Kabupaten Kendal sebagai salah satu “Kabupaten Kota Kreatif.” Selasa (28/11/2023)

Acara dibuka oleh Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Kendal, Ahmad Irham Khalid. Dalam sambutannya, Irham Khalid menyatakan bahwa jumlah pelaku ekonomi kreatif di Kabupaten Kendal pada tahun ini mencapai 395 orang, terdiri dari 17 subsektor, dan diyakini akan terus meningkat. Pada bulan Agustus, 30 pelaku ekonomi kreatif telah diajukan untuk mendapatkan kekayaan intelektual, yang seluruhnya didanai oleh pemerintah. Irham Khalid berharap minimal 200 pelaku ekonomi kreatif masuk dalam database Kemenpar Ekraf pada awal tahun 2024, sehingga Kabupaten Kendal dapat mengajukan penilaian mandiri sebagai “Kabupaten Kota Kreatif Indonesia.”

Bacaan Lainnya

Irham Khalid juga mengajak para pelaku ekonomi kreatif untuk berdiskusi dan menentukan subsektor kreatif mana yang akan diwakili oleh Kabupaten Kendal.

Supomo, Subkoordinator Kemitraan dan Kelembagaan Disporapar Provinsi Jawa Tengah, memberikan panduan langkah demi langkah untuk mencapai status “Kabupaten Kota Kreatif.”

Sugeng Slamet, Subkoordinator Sumberdaya Manusia Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Kendal, menekankan pentingnya dukungan antar-subsektor yang menjadi unggulan.

“Semua subsektor harus tetap mendukung, tidak boleh merasa bahwa subsektor yang terpilih adalah satu-satunya yang terpenting.” Ujarnya.

Ketua Komite Ekonomi Kreatif Kabupaten Kendal, Joko Tusyawan, menambahkan bahwa subsektor yang terpilih harus membawa dampak positif bagi subsektor lainnya.

“Saya yakin jika subsektor yang terpilih tidak membawa dampak positif, pasti tidak akan terpilih menjadi unggulan kita di Kabupaten Kendal.” ujarnya.

Semoga upaya langkah demi langkah ini dapat segera terwujud dan memberikan dampak positif pada peningkatan ekonomi pelaku ekonomi kreatif dan masyarakat Kabupaten Kendal secara keseluruhan.

Pewarta : Pujiono
Editor : Firman

Ikuti Kami di :
banner 300x250banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.