Jelang Pilkada 2020, Kapolres Muaro Jambi Gelar Silaturahmi

  • Whatsapp

MUARO JAMBI – Sehubungan adanya pro kontra masyarakat terkait dengan pendirian TPS Desa Bungku, Kecamatan Bajubang, Kabupaten Batanghari di Dusun Tanjung Mandiri, dalam rangka Pilkada serentak tahun 2020 di Provinsi Jambi maka digelar kegiatan silaturahmi ke Dusun Tanjung Mandiri, Desa Tanjung Lebar, Kabupaten Muaro Jambi, digelar di lapangan volley RT.29 Dusun Tanjung Mandiri, Desa Tanjung Lebar, Kecamatan Bahar Selatan. Sabtu (5/12/2020).

Bacaan Lainnya

Acara kegiatan silaturahmi dihadiri oleh Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jambi, Irjen Pol. Albertus Rachmad Wibowo yang diwakili oleh Direktur Narkoba Polda Jambi, Kombes Pol. Artha, Kapolres Muarojambi, AKBP.Ardiyanto,Sik,M.H, Bupati Kabupaten Muaro Jambi, Hj.Masnah Busyro,SE, Kasubdit Dit Intelkam Polda Jambi, AKBP. Bagus,Sik,M.H, Dandim 0415/BT, H.Kolonel Inf.J.Hadianto,S.Ip, Kabag Ops Polres Muaro Jambi, Kompol.A.Yani,Sik, Kasat Intelkam Polres Muarojambi,Iptu.Razali,SH, Ketua KPU Muarojambi,Elfi Prasetya, Ketua Bawaslu Kabupaten Muaro Jambi, M.Yusug, Camat Bahar Selatan,Tusiem,SE, Kapolsek Sungai Bahar,Iptu.M.Syuaib, Kasubsektor Sungai Bahar,Ipda.Ahmad Mashuri, Kades Tanjung Lebar,Rustam Effendi, beserta masyarakat Dusun Tanjung Mandiri sekira 100 orang.

Dalam acara tersebut, Kades Tanjung Lebar, Rustam Effendi menyampaikan tentang kondisi Dusun Tanjung Mandiri dan mengajak masyarakat agar menyukseskan Pemilu.

“Pelaksanaan pemilu sama sekali tidak terkait dengan permasalahan tapal batas,” sebutnya.

Sementara masyarakat Suku Anak Dalam (SAD) Desa Tanjung Lebar, menyampaikan permohonan kepada Bupati Muarojambi agar segera menuntaskan masalah tapal batas wilayah antara Kabupaten Muaro Jambi dengan Kabupaten Batanghari dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Dan berdasarkan sejarah bahwasannya wilayah Dusun Tanjung Mandiri merupakan bagian dari Desa Tanjung Lebar,” sebutnya.

Ketua KPU Muaro Jambi, Hamdi menyampaikan bahwa pelaksanaan pemilu tidak terkait dengan masalah tapal batas.

Masih kata Hamdi, terkait jumlah DPT TPS 10 Desa Bungku adalah hasil pendataan petugas. TPS di Desa Tanjung Lebar telah selesai dan tidak menjadi suatu permasalahan. Sedangkan bagi masyarakat yang memiliki identitas Kabupaten Batanghari dapat menuangkan aspirasi pilihannya di TPS Desa Bungku.

“Diharapkan semua masyarakat yang telah memiliki hak pilih dapat menggunakan sesuai dengan aturan,” katanya.

Pada kesempatan itu, Bupati Muaro Jambi,Hj.Masnah Busyro,SE menyampaikan bahwa dirinya akan tetap berjuang untuk penetapan tapal batas antara Kabupaten Muaro Jambi dengan Kabupaten Batanghari.

Selaku Bupati, ia telah menyampaikan hal tersebut kepada Gubernur Jambi dan telah meneruskannya kepada Kementerian Dalam Negeri. Bupati berjanji akan segera menyelesaikan permasalahan tapal batas namun karena kondisi pandemi Covid-19 saat ini maka prosesnya menjadi terhambat.

Masih kata Hj.Masnah Busyro, dirinya mengajak seluruh masyarakat agar mensukseskan pemilu dan juga menegaskan bahwa posisi TPS tidaklah terkait dengan permasalahan tapal batas.

Dirinya juga menyampaikan akan menemui Kemendagri guna penyelesaian masalah tapal batas, “Jangan sampai ada permasalahan karena hal tersebut menjadi catatan hitam bagi Kementerian Dalam Negeri,” imbuhnya.

Dalam hal ini, Kapolres Muarojambi, AKBP. Ardiyanto,Sik,M.H memberikan penguatan dengan mengajak masyarakat agar dapat mensukseskan Pilkada Jambi demi kemajuan masyarakat ,”dan bahwa penetapan tapal batas akan diperjuangkan oleh pemerintah dalam hal ini Bupati Muarojambi,” tegasnya.

Memperkuat penegasan Kapolres Muarojambi, Dandim 0415/BTH, Kolonel Inf.J.Adianto,S.Ip menegaskan, bahwa pelaksanaan pemilu akan tetap berjalan dan tidak terkait dengan masalah tapal batas.

Masih kata Kolonel Inf.J.Adianto,”sesama masyarakat harus saling menghormati dan hidup rukun,” sebutnya.

Turut mengingatkan, Tokoh Adat SAD, Dusun Sei Beruang, Desa Tanjung Lebar, A.Roni mengatakan dan menghimbau kepada seluruh masyarakat agar pelaksanaan Pilkada Jambi harus berjalan dengan damai.

Usai acara kegiatan silaturahmi, Pemerintah Daerah Kabupaten Muaro Jambi melalui Dinas Sosial memberikan bantuan sosial kepada masyarakat Dusun Tanjung Mandiri sebanyak 20 karung beras dan 20 bungkus minyak goreng.

“Acara berlangsung aman dan kondusif. Kegiatan diakhiri dengan ramah tamah,” tutup Kabag Humas Polres Muaro Jambi, AKP. Amradi.

Reporter : Harvery
Editor : Firman

Pos terkait

Tinggalkan Balasan