Hari Senin Pake Seragam Kepanduan, Ada Apa Ini ?

  • Whatsapp
Paramuka

SRAGEN, Beritategas.com – Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Jabung melaksanakan apel pagi guna memperingati Hari Pramuka (Praja Muda Karana) ke-62. Apel pagi yang dipimpin langsung oleh Sarijo S.Pd.I, M.Pd.I dilaksanakan di lapangan MI Muhammadiyah Jabung, Desa Jabung, Kecamatan Plupuh, Kabupaten Sragen, Senin (14/08/23).

Dijelaskan oleh Sarijo S.Pd.I, M.Pd.I dalam amanatnya, bahwa Pramuka adalah sebagai salah satu alat pemersatu bangsa. Sebagai wadah para remaja untuk melatih kemandirian dan kedisiplinan.

Bacaan Lainnya

“Pramuka adalah salah satu implementasi dari arti Bhineka Tunggal Ika. Sebagai wadah pemersatu bangsa dan wadah remaja untuk melatih kemandirian serta kedisiplinan”, jelasnya.

Ditambahkan oleh Sarijo S.Pd.I, M.Pd.I bahwa Muhammadiyah telah lebih dahulu mempelopori gerakan kepanduan di Indonesia dengan nama Hizboel Wathan dan memiliki tokoh besar serta panglima tentara termuda yakni Jenderal Soedirman.

“Muhammadiyah telah mempelopori kegiatan kepanduan di Indonesia. Dengan lahirnya Hizboel Wathan (HW) yang memiliki arti Pasukan Tanah Air. Dari HW pun telah melahirkan tokoh besar sekaligus panglima tentara termuda yakni Jendral Sudirman. Dari kegiatan kepanduan yang ada di Indonesia, demi menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan menjaga Bhineka Tunggal Ika, 9 Maret 1961 Presiden Soekarno mengumpulkan tokoh-tokoh dari gerakan kepanduan indonesia dan meleburnya menjadi nama Praja Muda Karana (Pramuka). Kemudian Pada 14 Agustus 1961 dilakukan MAPINAS (Majelis Pimpinan Nasional) yang diketuai oleh Presiden Soekarno, wakil ketua I Sultan Hamengkubuwono IX dan wakil ketua II Brigjen TNI Dr. A. Azis Saleh dan kejadian ini menjadi dasar untuk memperingati Hari Pramuka”, tambahnya.

Melanjutkan amanatnya dalam apel pagi, Sarijo S.Pd.I, M.Pd.I mendorong kepada peserta didik kelas VI yang akan mengikuti kegiatan lomba untuk memperingati HUT Pramuka ke-62 senantiasa harus berlatih demi menjaga tradisi pulang membawa piala.

“Kami mengharap kepada peserta didik kelas VI yang mengikuti kegiatan perlombaan dalam rangka memperingati HUT Pramuka ke-62 untuk tetap semangat dan selalu patuh pada pembina atau pelatihnya. Hal tersebut guna mempertahankan dan menjaga tradisi “Pulang Selalu Membawa Piala”. Semoga kita semua selalu diberi kemudahan, kesuksesan dan kesehatan. Aamiin”, pungkasnya.

Pewarta : Widiyo Prakoso
Editor : Firman

Ikuti Kami di :
banner 300x250banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.