H Soemarjono: Jangan Menyesal Dengan Pilihan Profesi

  • Whatsapp
Profesi
H Soemarjono (Ditengah)

PALI, Beritategas.com – Drs H Soemarjono Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) hadiri acara Pelatihan Jurnalistik di Cafe At the star yang digelar oleh Ikatan Wartawan Online (IWO), Sabtu (5/11/2022).

“Jangan menyesal dengan pilihan profesi,” pesan dia.

Lebih lanjut, Soemarjono mengatakan, sebagai manusia kita harus berjalan tegak lurus mengutamakan ideologi terutama rekan-rekan profesi wartawan,”tugas itu mulia maka hendaklah lebih mengedepan idealismenya,’ ujar dia.

Pria kelahiran Blora Provinsi Jawa tengah pada 1 April 1945, putra seorang Guru, anak kedua dari tujuh bersaudara dalam penuturannya mengungkapkan, pertama kali menginjakan kaki di Sumatera Selatan tepatnya di Pendopo 1970 dengan niat untuk menata kehidupan.

Pada waktu itu, dia mencoba melamar di PT Stanvac Indonesia yang saat ini Pertamina, namun nasib baik belum berpihak padanya.

“5 kali melamar tak satupun di interview oleh pihak perusahaan pada waktu itu,” tutur dia.

karena beberapa kali mengalami kegagalan itu, selanjutnya dia mendedikasikan hidupnya menjadi seorang guru yang pada prinsipnya tidak menyesal menjadi guru.

Selama pengabdiannya 30 tahun di Bumi Serepat Serasan ini, saat itu masih dalam wilayah Kecamatan Talang ubi, tepatnya pada tahun 1990, ia sempat mendapat penghargaan menjadi Guru Teladan Tingkat Nasional.

Dan dari pengabdiannya tersebut sudah banyak dia menciptakan generasi atau Sumber Daya Manusia (SDM) yang saat ini sudah berhasil, bahkan sebagian sudah menjadi pemimpin pemimpin di Kabupaten yang tercinta ini.

Setelah tidak lagi bergelut di dunia pendidikan sebagai guru, pengabdiannya pada kabupaten ini saja, pria yang berusia 77 tahun ini juga ikut dalam mensukseskan pemekaran kabupaten Pali.

Dimana pada saat itu perjuangan presidium sempat tertunda dengan penuh keyakinannya dan teman-teman. Dengan susah payah dan penuh dengan perjuangan, sampai diresmikan kabupaten kita ini menjadi Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) yang saat ini berusia 9 tahun.

Berangkat dari perjuangan serta pengabdian pada masyarakat di tahun 1999, dirinya ikut mencalonkan diri dalam kontes parlemen serta terpilih menjadi anggota legislatif yang pada saat itu daerah pemilihan Zona 2, meliputi Talang ubi, Tanah Abang, Penukal Utara, Penukal dan Penukal Abab dari partai PDI perjuangan, selama 1 periode yang saat itu PALI masih bergabung dengan kabupaten Muara Enim.

Selanjutnya, dia pun melanjutkan ikut pencalonan legislatif yang saat itu sudah memisahkan diri dari Kabupaten Muara Enim yang saat ini menjadi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir dan terpilih kembali dari Partai PDIP dengan suara terbanyak sehingga menjadi ketua DPRD Kabupaten Pali.

Belum sempat masa periode berikutnya karena diadakan pemilihan kepala daerah serentak, bertepatan masa pensiun dari kursi legislatif ,dengan penuh keyakinan ia melanjutkan karirnya ikut kontes pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, sehingga dipercaya masyarakat menjadi Wakil Bupati pada saat ini.

Pewarta : Dedi
Editor : Firman

Ikuti Kami di :
banner 300x250banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.