Gerakan Pasar Murah, Dukung Kestabilan Pasokan dan Harga

  • Whatsapp
Murah
Pasar Murah

BLORA, Beritategas.com – Kabupaten Blora merupakan salah satu daerah yang rutin menyelenggarakan kegiatan Gerakan Pasar Murah di Jawa Tengah. Untuk mengurangi dampak inflasi kegiatan tersebut dapat mendukung kestabilan pasokan dan harga, bahkan bermanfaat bagi para petani.

Dengan kegiatan itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Dishanpan) Provinsi Jawa Tengah, Ir. Dyah Lukisari, M.Si, mengapresiasi keaktifan gerakan pangan murah yang diselenggarakan di Blora secara rutin.

Bacaan Lainnya

“Kabupaten Blora ini termasuk daerah di Jawa Tengah yang aktif melakukan gerakan pangan murah setiap hari Jumat, dalam catatan kami ini yang aktif seperti Kota Semarang, Blora, dan ada lagi di Sukoharjo,” ungkap Ir Dyah saat menghadiri kegiatan Gerakan Pangan Murah yang diselenggarakan Dishanpan Jawa Tengah dengan Dinas P4 Kabupaten Blora, dan Bappenas RI, di Kantor Kecamatan Cepu, Kamis (24/11/2022).

Dengan kegiatan Gerakan Pangan Murah yang digelar kali ini merupakan salah satu upaya dilakukan dalam rangka menjaga ketersediaan pasokan dan harga pangan, sekaligus untuk mengendalikan dampak inflasi.

Dalam rangka kegiatan pangan murah ada berbagai komoditas pangan yang disediakan mulai dari pangan strategis (Beras, Gula, Minyak Goreng, Telur, Daging, Bawang Merah, Bawang Putih, Cabai Merah Keriting) dan pangan lainnya dengan harga yang cukup murah, seperti sayuran, buah, pangan olahan. Selain itu disediakan pula komoditas lainnya seperti aneka produk olahan dari UMKM Kabupaten Blora.

Untuk Gerakan pangan ini juga melibatkan BUMN, BUMD, perusahaan swasta, Gapoktan, UMKM Kabupaten Blora, dan lainnya.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Bupati Blora, Tri Yuli Setyowati, ST, MM mengungkapkan bahwa Pemerintah Kabupaten Blora melalui dinas terkait akan terus berperan aktif dalam mengendalikan dampak inflasi di daerah, salah satunya berkaitan dengan sektor pangan.

Menurut Wakil Bupati Blora, program ketahanan pangan yang ada di Kabupaten Blora, untuk inflasi yang ada di Kab. Blora ini cenderung stabil dibandingkan dengan kabupaten sekitarnya, karena salah satunya tadi kegiatan seperti ada kegiatan pasar, pangan murah.

“Diantara salah satunya ini, bagaimana kami tidak hanya mengatasi dampak inflasi, ini juga bagaimana untuk menstabilkan harga itu yang terpenting,” terang Wabup yang akrab disapa Mbak Etik.

Wakil Bupati mengatakan bahwa Pemkab Blora akan siap melaksanakan dan mendukung program-program dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yang ada di Kabupaten Blora, khususnya kaitannya dengan ketahanan pangan maupun untuk pengendalian dampak inflasi.

Kemudian kegiatan pengarahan, Wakil Bupati bersama dengan Kepala Dishanpan Jateng, Ketua TP PKK Kabupaten Blora, meninjau masing-masing stand bazar pangan murah yang ada. Nampak masyarakat Cepu dan sekitarnya antusias berbelanja di lokasi bazar.

Diantara salah satunya adalah Eni, ibu rumah tangga asal Kelurahan Cepu tersebut sengaja datang ke lokasi Bazar Pangan Murah tersebut untuk berbelanja kebutuhan pokok.

“Salah satu warga beli beras, gula, minyak goreng, bagus ada kegiatan ini, tadi saya beli juga harganya juga terjangkau,” ungkapnya sesudah berbelanja.

Dari kegiatan tersebut Dinas P4 Kabupaten Blora juga menghadirkan sekitar 200 paket sembako kepada masyarakat dengan harga yang terjangkau. Hadir pada kegiatan kali ini Wakapolres Blora, Danramil Cepu, Kepala DP4 Blora. Camat dan Forkopimcam Cepu, serta Tim Penggerak PKK Kabupaten Blora.

Pewarta : Joko Purwanto
Editor : Firman

Ikuti Kami di :
banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.