Gerak Cepat Tim Relawan YPN, Berikan Pendampingan Warga Yang Membutuhkan Bantuan Layanan Kesehatan

  • Whatsapp
YPN

BATURAJA, Beritategas.com – Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) yang juga selaku Ketua DPC Partai Amanat Nasional (PAN) OKU, Yudi Purna Nugraha SH (YPN) melalui Tim relawannya bersama Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Geram Gerak cepat memberikan bantuan kesehatan kepada 2 warga Desa Ulak Lebar Kecamatan Ulu Ogan. Minggu (30/7/23).

Gerak cepat tim relawan YPN tersebut berawal ketika ketua kordinator relawan YPN di bidang kesehatan, Sampurna yang juga selaku ketua LMS Geram OKU menerima laporan dari Kepala Desa (Kades) Ulak Lebar terkait adanya 2 warganya yang tengah berjuang melawan penyakit ditengah keterbatas sehingga membutuhan bantuan.

Bacaan Lainnya

Dikatakan Sampurna, ada 2 orang warga Desa Ulak Lebar yang tengah menderita sakit yaitu, Aldo Novanza (10) yang menderita kelainan kelamin sejak lahir serta Ali Muazin (44) terbaring lemah lantaran melawan penyakit yang dideritanya.

“Kami berupaya untuk memberikan bantuan pendampingi agar kedua warga Desa Ulak Lebar ini segera mendapat pelayanan kesehatan dari Pemerintah OKU, sebab masyarakat memiliki hak untuk menerima pelayanan kesehatan yang layak sesuai dengan amanat Undang-Undang. Atas dasar itu, kami selaku relawan YPN akan berupaya untuk memberikan bantuan pendampingi sampai mereka mendapat perwatan kesehatan secara layak,” tegas Sampurna.

Lebih lanjut dikatakannya, pihaknya dengan didampingi perangkat pemerintah setempat (Desa Ulak Lebar Red), mendatangi kedua warga yang tengah sakit tersebut untuk memberikan pendampingan dalam mendapatkan pelayanan kesehatan dari Pemerintah Kabupaten OKU berupa pendampingan.

“Selain memberikan pendampingan untuk keperluan administrasi untuk pengurusan jaminan kesehatan berupa BPJS kami juga memberikan dukungan secara moral baik itu kepada si pasien maupun pihak keluarga sebagai kekuatan secara pesikologis untuk melawan penyakit,” katanya.

Dia juga menambahkan, pihaknya melakukan jemput bola langsung untuk mempermudah pengurusan BPJS lanaran kondisi keluarga pasien tidak memungkinkan untuk mengurus administrasi ke Baturaja.

Sementara itu, Hartono Yadi selaku orang tua dari Novanza mengungkapkan rasa keputus asaan drinya dalam membiayai pengobatan anaknya tersebut. Dikatakannya dirinya sudah pasrah bahkan uapaya untuk mendapatkan jaminan BPJS pernah dilakukan namun tidak berhasil.

“Kami sudah pasrah untuk mendapatkan jaminan BPJS agar anak kami bisa dirawat, bahkan dulu kami pernah dikunnungi oleh Pj Bupati, tapi sampai hari ini kami belum juga mendapatkan BPJS,” ungkapnya.

Dengan adanya tim relawan YPN yang datang secara khsusu ke kediamnnya tersebut, dirinya berharap agar anaknya dapat mendapatkan perawatan melalui BPJS, mengingat faktor ekonomi yang tidak memungkinkan anaknya untuk dirawat secara layak di rumah sakit.

“Kami sangat berterimakasih kepada YPN melalui relawannya yang telah berjaung untuk anak kami. Sebagai masayrakat kecil, kami sangat berharap agar kiranya anak kami ini dapat mendapatkan pelayanan kesehatan dan perwatan yang layak. Terimaksih pak Yudi hanya allah yang bisa membalas nudi baik dan ketulusan nya,” pungkasnya dengan rona mata berkaca-kaca lantaran merasa haru atas kedatangan tim relawan YPN.

Pewarta : Dina Ode
Editor : Firman

Ikuti Kami di :
banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.