Gelar Karnaval Kebudayaan, Pemerintahan Desa Penilikan Hibur Warga Di HUT RI ke 77

  • Whatsapp
Karnaval
Pagelaran karnaval Kebudayaan di Desa Pemilikan

BATURAJA, Beritategas.com – Ratusan warga Desa Penilikan Kecamatan Peninjauan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) memadati sepanjang Jalan Desa untuk memeriahkan Karnaval Kemerdekaan untuk memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, Kamis (18/08).

Kegiatan Karnaval tersebut diikuti oleh seluruh RW dan RT serta Masyarakat dari Desa Penilikan, Kecamatan Peninjauan.

Bacaan Lainnya

“Jumlah peserta dari karnaval ini kurang lebih sekitar 300 orang, yang ikut dari Kadus 1 sampai kadus 7 yang memeriahkan karnaval ini,” jelas Amim Handri Kepala Desa Penilikan.

Karnaval Kemerdekaan yang merupakan acara tahunan ini mengusung tema Kebudayaan. Pesertanya Setiap RT dan RW mewakilkan utusannya yang ikut memeriahkan karnaval kemerdekaan ini dibebaskan panitia untuk menampilkan kebudayaan apa saja yang ingin ditampilkan, selama masih masuk ke dalam tema acara.

Karnaval Kemerdekaan dimulai pukul 8.00 WIB yang dilepas langsung oleh Kepala Desa Penilikan Kec Peninjauan Amim Handri dari halaman Balai Desa, lalu berjalan keliling desa dan kembali lagi di balai Desa.

Tidak hanya remaja dan dewasa, karnaval ini turut dimeriahkan anak-anak bahkan warga lanjut usia sekalipun.

Selain itu tampak pula di barisan karnaval tersebut barisan kuda lumping perguruan silat PSHT, IKSPI dan sebagainya.

Adapun kebudayaan yang diangkat warga Desa Penilikan adalah Kebudayaan Jawa, Bali, sunda dan lainnya dengan menampilkan beberapa ikon dari budaya Jawa seperti pakaian kebaya, gamelan, dan beberapa tokoh wayang seperti Hanoman.

Beberapa penampilan yang ada di Karnaval Kemerdekaan ini antara lain pertunjukan musik gamelan, tari-tarian, dan atraksi silat dari Perguruan silat PSHT dan IKSPI.

Selain dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI, masyarakat Desa Penilikan juga ingin menumbuhkan rasa kebersamaan dengan warga lain bahkan berinteraksi langsung dengan masyarakat dari luar Desa yang ikut menyaksikan Karnaval Kemerdekaan ini.

Acara karnaval ini berlangsung meriah dan setiap RT berusaha untuk menampilkan kebudayaan yang berbeda baik dari tema, pakaian, dekorasi dan lain sebagainya.

Usai acara karnaval panitia membagikan hadia hiburan dari berbagai perlombaan yang diadakan Oleh Panitia HUT RI Desa Penilikan.

Pewarta : Rudi Hartono
Editor : Firman

Ikuti Kami di :
banner 300x250banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.