Edward Chandra Jadi Keynote Speaker Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital

  • Whatsapp

BATURAJA, – (Beritategas) – PLH Bupati OKU Drs. H. Edward Candra, M.H., Menjadi Keynote Speaker Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital Meningkatkan Keterampilan Mengajar di Era Digital Bertempat di Ruang Video Conference Pemkab OKU. Jumat (2/7/2021).

Perkembangan teknologi informasi yang pesat perlu diimbangi dengan literasi digital. Adapun literasi digital bukan hanya terkait kecakapan penguasaan teknologi, melainkan juga cakap dalam bermedia digital dengan penuh tanggung jawab.

Bacaan Lainnya

Untuk meningkatkan literasi digital, Presiden Joko Widodo meluncurkan Program Literasi Digital Nasional pada momentum hari Kebangkitan Nasional.

Infrastruktur digital yang disediakan oleh pemerintah tidak dapat berdiri sendiri karena harus didukung komponen penunjang lainnya, termasuk kesiapan masyarakat.

Webinar literasi digital di buka oleh Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (APTIKA) Kementerian Komunikasi dan Informatika Semuel Abrijani Pangerapan, BSc. menampilkan berbagai narasumber dan pembicara utama di bidang pendidikan. Salah satunya adalah Pelaksana Harian Bupati OKU Drs. H. Edward Candra, M.H.

Pelaksana Harian Bupati OKU Drs. H. Edward Chandra, M.H selaku keynote speaker atau yang lebih dikenal pembicara utama didampingi kepala dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten OKU Priyatno Darmadi, S.Sos., M.Si. dan kepala Seksi Keamanan Informasi Dede Fernandez, S.Sos. menyampaikan pendidikan adalah tujuan utama negara Indonesia, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Namun sejak awal tahun 2020 pandemi Covid-19 menghambat proses belajar mengajar.

“Pandemi Covid-19 mengharuskan kita beribadah, bekerja, belajar dan beraktivitas di rumah. Proses belajar dilakukan di rumah, keadaan ini memaksa pemerintah untuk menghadirkan alternatif belajar mengajar dengan sistem daring,” katanya.

“Proses pendidikan pada masa pandemi Covid-19 yang harus diperhatikan yaitu dampak positif dan negatif dari perubahan penggunaan ruang digital. Oleh karena itu peran penting antara guru dan orang tua untuk mengawasi proses belajar melalui ruang digital,” imbuhnya.

Pada kesempatan ini, Edward Candra menambahkan kegiatan literasi digital di Kabupaten OKU telah berlangsung dua kali dengan melibatkan mahasiswa, ASN non guru. Untuk kegiatan literasi digital pada hari ini diikuti oleh seluruh guru SMA dengan menampilkan narasumber di bidang pendidikan.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten OKU mengapresiasi kegiatan webinar ini sebagai bentuk dukungan program nasional,” tegasnya.

Pada akhir sambutannya Edward Candra mengatakan, kegiatan literasi digital akan dilaksanakan sebanyak 23 kali kegiatan yang diselenggarakan sejak bulan Juni sampai November 2021 dengan segmentasi ASN non guru, TNI, Polri, guru, pelajar, mahasiswa, UMKM, organisasi kepemudaan, kelompok tani, dan masyarakat umum.

Reporter : Rudi Hartono
Editor : Firman

Ikuti Kami di :
banner 300x250banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.