Desa Serdang Menang Siapkan Talenta Digital Sejak Dini melalui Program Desa Cerdas

  • Whatsapp

OGAN KOMERING ILIR, Beritategas.com – Desa Serdang Menang Kecamatan Sirah Pulau Padang Kabupaten Ogan Komering Ilir yang menjadi salah satu lokus Program Desa Cerdas oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) siapkan talenta digital melalui pelatihan pengenalan literasi sejak dini di PAUD Eporbia. Kamis (1/2/2024).

Duta Digital OKI, Dikky Sakti menyebut pengenalan literasi digital ini merupakan bagian dari Pilot Project Program Desa Cerdas melalui pengoptimalan ruang komunitas digital desa yang telah dibentuk di masing-masing lokus.

Bacaan Lainnya

“Tugas kita sebagai Duta Digital terpilih periode 2022-2024 memberikan pendampingan sebaik-baiknya agar lokus desa bisa secara mandiri mengelola sumber daya jadi suatu keunggulan yang bermanfaat untuk kemajuan desa”, Terangnya.

Dikky Sakti menyampaikan dalam pelaksanaan tugasnya di lokus desa, ia dibantu oleh seorang Kader Digital, IWayan yang nantinya akan melanjutkan seluruh hal baik setelah masa kontrak dirinya sebagai Duta Digital berakhir.

“Pelatihan yang dilaksanakan ini sesuai dengan kebutuhan dan usulan oleh masyarakat desa. Pengenalan literasi digital sejak dini yang dilaksanakan hari ini jadi jurus ampuh bagi Desa Serdang Menang untk menyiapkan talenta digital di desa”, imbuhnya.

Kepala Desa Serdang Menang, Dodi Yansen mengapresiasi pelaksanaan program Desa Serdang di wilayah kepemimpinannya.

“Pada prinsipnya kami sangat mendukung upaya-upaya untuk mendorong kemajuan desa baik melalui pelatihan, program kerjasama, padat karya dan lainnya. Desa Serdang Menang sedang berproses menjadi Desa Cerdas yang terpadu”, ujarnya.

Dodi mengatakan sebagai lokus Program Desa Cerdas ada praktik baik yang sudah dilakukan dan sangat bagus jika hal ini bisa direplikasi secara kreatif oleh desa-desa lainnya.

Sementara itu, Bunda Rahmi selaku narasumber pelatihan terlihat antusias selama kegiatan berlangsung.

“Sungguh pengalaman yang luar biasa bagi kami dimana anak-anak di ajak bereksplorasi dengan memperkuat literasi digital melalui penggunaan IT, menonton video edukatif”, kata Bunda Rahmi.

Bunda Rahmi menyampaikan peserta kegiatan ini anak-anak usia dini yang pada hari ini mampu berinteraksi melalui proses tanya jawab spontan dengan jawaban mereka yang beraneka ragam yang lucu namun kreatif sehingga anak-anak dapat belajar sambil bermain dan bergembira, pengalaman yang luar biasa dan sangat menginspirasi.

“Kegiatan ini akan kami lanjutkan dan menjadi agenda rutin bulanan PAUD Eporbia untuk mengasah pengetahuan dan kecakapan peserta didik terkait literasi digital. Terima kasih Kemendes yang telah memfasilitasi kegiatan ini semoga bermanfaat untuk kita semua”, tutupnya.

Pewarta : Firman
Editor : Widiyo Prakoso

Ikuti Kami di :
banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.